Rabu, 24 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 25 Juni 2022 | 14:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto lawas dapat memperlihatkan gaya atau tren yang pernah populer pada zamannya. Sebuah foto jadul mengenai keluarga Eropa di Bandung pada tahun 1920-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan foto keluarga Eropa yang berpose di samping rumah.

"Potret keluarga Eropa di Prins Hendriklaan Kebon Djamboe Bandoeng, ca.1920. Di belakang (Johann Friedrich Carls dengan Louise Maria Dorothea Charls)," bunyi keterangan pada foto jadul.

Postingan foto lawas ini menarik perhatian netizen setelah memperoleh 19 ribu tanda suka dan ratusan komentar. Akun Potret Sejarah Indonesia mengunggah ulang sebuah arsip di situs Leiden University Libraries.

Terdapat puluhan foto keluarga Eropa di Bandung yang tersimpan pada laman perpustakaan online tersebut. Sosok orang Eropa di dalam foto juga terlihat di dalam arsip lain.

Foto jadul keluarga Eropa di Bandung tahun 1920-an. (Leiden University Libraries via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

"Ot (O.L.E.) de Raadt (2e van rechts), inwonend bij Johann Friedrich Charls (rechts) en Louise Maria Dorothea Charls-Ort (links) en hun dochter Willy (naast haar) aan de Prins Hendriklaan op Kebon Djamboe te Bandoeng. [O.L.E de Raadt (ke-2 dari kanan), tinggal bersama Johann Friedrich Charls (kanan) dan Louise Maria Dorothea Charls-Ort (kiri) dan putri mereka Willy (di sebelahnya) di Prins Hendriklaan Kebon Djamboe Bandung]," bunyi keterangan yang tertulis di perpustakaan online.

Laki-laki yang di foto bagian depan sepertinya adalah remaja bernama O.L.E de Raadt. Sosok cowok tersebut langsung disorot oleh netizen.

Terdapat netizen yang menilai bahwa gaya remaja tersebut terlihat songong atau arogan. Tak sedikit netizen menyoroti bahwa sepatu yang dipakainya cukup unik.

Foto jadul keluarga Eropa di Bandung tahun 1920-an. (Leiden University Libraries)

Situs Leiden University Libraries banyak menyimpan foto mengenai keluarga priyayi, keluarga Eropa, keturunan Indo-Eropa, bangsawan, warga lokal dan petinggi KNIL yang tinggal di Indonesia sebelum masa kemerdekaan.

Postingan foto jadul mengenai keluarga Eropa di Bandung pada tahun 1920-an ini mendapat beragam komentar dari netizen.

"Salfok sama sepatu doi. Pakai sepatu emaknya apa memang dulu sepatu anak songong kayak gitu ya (emoticon tertawa)," kata Rev**d Alend**.

Foto jadul keluarga Eropa di Bandung tahun 1920-an. (Leiden University Libraries)

"Gaya anaknya songong," pendapat J**a Aba**.

"Wajahnya Eropa, tapi di belakang ibunya pakai kebaya dan jarit batik," ungkap K**s.

"Melihat sang ibu, mereka ternyata memelihara budaya nusantara," tulis H**ry Fa**ha.

"Penampilan memang cukup tradisional tapi tak mengubah status bahwa mereka adalah penjajah," pendapat K**ig**e. Itulah tadi foto jadul keluarga Eropa di Bandung pada tahun 1920-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli