Selasa, 23 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 27 Juni 2022 | 17:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bali menjadi destinasi wisata dengan banyak pengunjung sejak puluhan tahun lalu. Sebuah iklan jadul mengenai paket wisata ke Bali pada tahun 1967 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional membagikan sebuah iklan yang pernah dimuat pada salah satu surat kabar lawas. Agen perjalanan wisata pada iklan nampak mempromosikan biaya berlibur di Bali.

Paket empat hari tiga malam dibanderol sebesar Rp 11.880 untuk satu orang. Sementara paket lima hari dibanderol sebesar Rp 13.800.

"Sebuah agen perjalanan wisata dengan nama Nitour menawarkan paket berwisata ke Bali dengan harga Rp. 11.880 untuk satu orang dengan lamanya 4 hari/3 malam. Untuk lamanya wisata 5 hari/4 malam dibanderol dengan harga Rp. 13.800. Adapun fasilitas yang ditawarkan dari paket wisata tersebut adalah penerbangan pulang-pergi dengan Garuda, penginapan di Hotel Bali Beach yang ultra modern, lengkap dengan 3 kali makan setiap hari dan sight tours yang akan dikenang selamanya," tulis akun Perpustakaan Nasional pada keterangannya.

Iklan tersebut pernah dimuat di surat kabar Sinar Harapan pada Juli 1967. Postingan iklan lawas merupakan salah satu bagian dari Koleksi Layanan Surat Kabar Langka Terjilid Perpusnas RI (SKALA Team).

Iklan jadul paket wisata di Bali pada tahun 1967. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Masih menggunakan ejaan lama, perusahaan mempromosikan bahwa mereka menawarkan pengalaman berlibur ke Bali dengan harga murah.

Harga belasan ribu rupiah tersebut sudah termasuk biaya penerbangan dengan pesawat Garuda dari Jakarta. Paket wisata merupakan kerja sama dari Hotel Bali Beach, Garuda Indonesia, dan Nitour.

Banyak netizen yang menganggap bahwa paket wisata tersebut sangat murah. Dikutip dari Wikipedia, harga satu dolar pada tahun 1966 hingga 1970 senilai Rp 250. Sebagai informasi tambahan, harga emas di tahun 1970-an dibanderol sebesar Rp 2 ribuan per gram.

Postingan mengenai iklan jadul paket wisata di Bali pada tahun 1967 berhasil viral setelah dibagikan lebih dari 390 kali dan memperoleh 1.100 tanda suka. Unggahan iklan lawas tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

Iklan jadul paket wisata di Bali pada tahun 1967. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Wah uang segitu sekarang cuma bisa makan sekali di warteg," kata Sa**i Z*u.

"Seandainya ada mesin waktu," komentar Sua**y.

"Kalau pakai kalkulator inflasi sekitar Rp 4,8 juta sekarang. Masih termasuk murah," pendapat E** Sutri**o.

"Nilai rupiah dulu masih tinggi," ungkap Bu**ono.

"Kalau sekarang harga segitu, gue tiap hari liburan ke Bali (emoticon tertawa)," canda Jo**n. Itulah tadi iklan jadul paket wisata di Bali pada tahun 1967 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen