Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 28 Juni 2022 | 20:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat memperlihatkan kebiasaan masyarakat tempo dulu. Sebuah foto lawas mengenai seorang gadis dari suku Karo ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan foto jadul mengenai seorang gadis yang mengenakan pakaian dari balutan kain.

Foto lawas tersebut merupakan salah satu arsip online yang tersimpan di Tropenmuseum, Belanda. Berdasarkan deskripsi, foto jadul ini direkam pada kisaran 1900-1940.

"Potret seorang gadis Karo di provinsi Sumatera Utara sedang membawa dua tabung bambu berisi air, sekitar tahun 1900-1940," tulis Potret Sejarah Indonesia pada keterangannya.

Banyak netizen yang memuji kegigihan gadis tersebut saat membawa bambu berisi air. Foto menyiratkan bahwa sang gadis merupakan sosok pekerja keras. Kita bisa menyaksikan bahwa gadis ini membawa bambu dan berjalan tanpa alas kaki.

Foto jadul gadis Karo di tahun 1900-an. (Tropenmuseum via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Ia mengusung bambu menggunakan bahu dan kepalanya. Dikutip dari Wikipedia, Karo, lazim juga disebut Batak Karo adalah salah satu suku terbesar di Sumatera Utara.

Suku ini memiliki bahasa yang disebut Bahasa Karo dan memiliki salam khas yaitu Mejuah-juah. Mereka banyak mendiami deretan wilayah seperti Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Dairi, Kota Medan, dan Kabupaten Aceh Tenggara. Foto jadul mengenai gadis Karo dengan bambu di bahunya ini mendapat beragam komentar dari netizen.

"Terbayang berapa volume air dari dua tabung bambu itu. Jarak yang ditempuh juga pasti jauh. Aku membayangkan betapa sulitnya hidup di zaman penjajahan," kata Sr* Wil**eng.

Foto jadul gadis Karo di tahun 1900-an. (Tropenmuseum via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

"Dari zaman dulu gadis Karo terkenal dengan kecantikan dan kegigihannya," balas Ko**s P**ra.

"Ini namanya Kuran, tempat air dari bambu. Masih familiar di era 70-an. Mantap, gadis Karo cantik alami," ungkap Los**n Gi**ting.

"Ototnya sudah terlatih membawa beban berat. Gadis ini sosok yang kuat," puji Perd**a Pu**s.

"Wanita bangsa Indonesia hebat-hebat ya,"komentar Ar**ni. Itulah tadi foto jadul gadis Karo yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan