Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 03 Juli 2022 | 12:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat memperlihatkan beberapa peristiwa penting di masa lampau. Sebuah foto lawas mengenai deretan wanita yang sedang mengantre pada tahun 1940-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Potret Sejarah Indonesia membagikan foto jadul yang menampilkan beberapa perempuan berpakaian sederhana. Deretan wanita itu nampak mengantre di sebuah bangunan berukuran besar.

"Sederet wanita mengantre di depan sebuah gedung untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari di Jakarta, Indonesia, sekitar tahun 1947," bunyi keterangan di dalam foto.

Postingan foto jadul itu merupakan sebuah arsip yang diunggah ulang dari Nederlands Fotomuseum. Beberapa orang wanita nampak mengantre dengan busana sangat sederhana dan tak memakai alas kaki.

Tak sedikit di antara mereka yang berusia sangat tua. Mereka mengambil berbagai kebutuhan pokok yang dibagikan dari bangunan berukuran besar.

Foto jadul emak-emak antre kebutuhan pokok. (Nederlands Fotomuseum via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Pakaian mereka sangat tradisional di mana sebagian besar memakai jarit batik. Netizen menyoroti ketertiban yang tercipta pada antrean tersebut. Meski berdesakan, mereka nampak berada pada satu barisan dan tak berebut.

Foto jadul mengenai warga yang antre kebutuhan pokok dan makanan banyak tersimpan di Nederlands Fotomuseum dan Nederlands Instituut voor Militair Historie (NIMH).

Beberapa foto yang tersimpan di NIMH menampilkan warga yang mengantre pembagian makanan di pos Palang Merah.

Deretan foto di NIMH menyuratkan kondisi orang-orang Indonesia yang masih kelaparan di tahun 1940-an. Unggahan foto jadul tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

Orang-orang antre makanan di Jawa pada 1947. (NIMH)

"Antrean zaman dulu tertib. Kalau antrean bansos zaman sekarang masih ada yang kisruh sampai pingsan," pendapat Sa**oso B*di.

"Mereka nggak desak-desakan, padahal minim petugas," balas D**as Pe**adi.

"Zaman dulu antre, zaman sekarang masih antre juga. Kita masih terjajah kebutuhan pokok. Itu kerakusan segelintir orang yang nggak peduli sama bangsanya sendiri," tulis O**y Ray**ndza.

Foto salah seorang bocah Indonesia saat antre makanan di tahun 1947. (NIMH)

"Dan berulang kembali ya. Kalau sekarang antre minyak goreng," komentar Sa**i D**i.

"Postur tubuh ibu-ibunya rata-rata langsing dan sehat. Tidak seperti sekarang kebanyakan gemuk berlemak dan banyak yang sakit-sakitan," ungkap Sya**ul A**u*g. Itulah tadi foto jadul warga yang sedang mengantre pada tahun 1940-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Abizar Nyanyi Lagu dengan Suara Mirip Uje, Umi Pipik Doakan Ini