Sabtu, 20 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 03 Juli 2022 | 16:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat memperlihatkan gaya yang pernah tren pada masanya. Sebuah potret lawas mengenai beberapa wanita di Surabaya ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage @potolawas membagikan postingan mengenai foto jadul yang menampakkan beberapa wanita saat berjalan di trotoar.

"Women walking in Surabaya business district, Indonesia. (Wanita berjalan pada distrik bisnis Surabaya, Indonesia)," bunyi keterangan pada foto.

Akun fanspage tersebut sebenarnya membagikan ulang arsip foto lawas yang tersimpan di perpustakaan online University of Wisconsin–Milwaukee Libraries atau dikenal sebagai UWM Libraries.

Foto ini diabadikan oleh jurnalis Amerika Serikat bernama Harrison Forman. Karya dan tulisan miliknya biasanya menceritakan saat ia berkeliling Asia termasuk Indonesia ketika melakukan reportase selama Perang Dunia 2 dan beberapa saat setelahnya.

Foto jadul wanita Surabaya ini berhasil menarik perhatian netizen. (UWM Libraries via Instagram_potolawas)

Masih belum diketahui terkait tahun pasti saat foto direkam, namun UWM Libraries mencatumkan keterangan bahwa foto ini diambil pada "circa 1956" atau kisaran 1956 (periode 1950-an).

Meski hitam putih, namun kecantikan serta keanggunan dari wanita yang ada di dalam foto cukup terlihat jelas. Foto jadul ini memperlihatkan empat orang wanita yang menggunakan jarit batik serta pakaian kebaya.

Dua orang wanita nampak membawa dua barang pada tangannya sementara perempuan lain terlihat sedang menyaksikan pedagang di tepi jalan. Keempat wanita tersebut cukup kompak saat memakai kerudung beserta busana lengan panjang.

Tak sedikit netizen yang menyoroti gaya modis dari beberapa wanita ini. Beberapa di antaranya langsung salfok dengan sepatu hak tinggi yang dipakai oleh wanita itu. Sepatunya nampak berkelas dan cocok apabila dipadukan dengan jarit batik di atasnya. Foto jadul ini memancing beragam komentar dari netizen.

Foto jadul wanita Surabaya ini berhasil menarik perhatian netizen. (UWM Libraries)

"Sosialita pada zamannya. Ih suka sama sepatunya deh (emoticon cinta)," kata @vi*y*sw*nta.

"Orang dulu kok langsing-langsing ya," pendapat @d*wi*ut*fia9.

"Dandanannya mirip ibu-ibu Fatayat NU zaman dulu," balas @jo*li*_n*3.

"Jalan Tunjungan sepertinya ini. Wah keren ya pakai kebaya, terlihat anggun," komentar @nur*lf*rid*14. Itulah tadi foto jadul mengenai wanita di Surabaya yang diabadikan pada puluhan tahun lalu, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi