Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 04 Juli 2022 | 16:42 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Terdapat berbagai macam hewan dengan kulit dan bentuk badan yang bisa berkamuflase dengan lingkungan sekitar. Seekor hewan dengan bentuk mirip daun ini sukses bikin netizen salfok.

Penguna TikTok dengan akun bernama @riantie98 membagikan momen saat ia menemukan seekor hewan berbentuk anti mainstream.

"Binatang daun," tulis @riantie98 pada caption-nya. Postingan video yang dibagikan berhasil viral setelah ditonton lebih dari 6 juta kali dan memperoleh 650 ribu tanda suka.

Jika dilihat secara sekilas, kita bisa menyaksikan sebuah daun di dekat tangan seorang cewek. Namun apabila diperhatikan secara saksama, "daun" tersebut memiiki kepala, kaki, dan bagian tubuh.

Makhluk itu dapat berjalan di atas permukaan meja dan memanjat jari seorang cewek. Hewan yang ada di dalam video merupakan serangga daun yang masuk dalam keluarga Phylliidae.

Momen bermain dengan serangga daun ini bikin netizen salfok. (TikTok/ riantie98)

Seperti namanya, serangga daun memiliki penampilan tubuh mirip seperti daun. Dikutip dari Wikipedia, serangga daun banyak ditemukan di Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Australia.

Mereka mempunyai bentuk seperti daun sehingga pemangsa sering tidak dapat membedakannya dari daun asli. Pada beberapa spesies, bagian tepi tubuh serangga daun bahkan tampak seperti bekas gigitan.

Untuk lebih membingungkan pemangsa, ketika serangga daun berjalan, ia bergoyang-goyang, untuk meniru daun asli yang tertiup angin.

Salah satu spesies yang cukup terkenal pada keluarga Phylliidae adalah Pulchriphyllium giganteum. Itu adalah spesies terbesar yang termasuk dalam genus Pulchriphyllium dengan ukuran mencapai 105 mm. Postingan video viral mengenai serangga daun tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

Momen bermain dengan serangga daun ini bikin netizen salfok. (TikTok/ riantie98)

"Seumur hidup baru tahu ada hewan kayak gini," kata @Ra**z**a.

"Jadi takut kalau mau metik daun," balas @z**zs.

"Sungguh unik ciptaan Tuhan," komentar @ultr**an**tot.

"Ih lucu banget, kirain tadi daun," ungkap @st**nj*n. Postingan video viral mengenai serangga daun bisa dilihat melalui LINK INI. 

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz