Rabu, 01 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 05 Juli 2022 | 09:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Potret lawas dapat menyuratkan pakaian yang kerap dikenakan oleh masyarakat tempo dulu. Sebuah foto jadul mengenai bocah Eropa dengan pakaian tradisional ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan foto yang menampilkan dua bocah bule dengan mainan di tangannya.

"Potret dua anak gadis Eropa memakai baju kebaya dan mainan bonekanya di Semarang, Jawa Tengah. Sekitar tahun 1908," bunyi keterangan pada foto.

Akun Potret Sejarah Indonesia membagikan ulang arsip dari Leiden University Libraries. Kita bisa melihat dua orang bocah yang mengenakan kebaya dan jarit batik.

Mereka turut membawa selendang yang digunakan untuk menggendong boneka. Dua bocah Eropa tersebut nampak tersenyum manis ke arah kamera.

Foto jadul bocah Eropa di Jawa tahun 1900-an. (Leiden University Libraries via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Kebaya merupakan pakaian yang secara tradisional dipakai oleh orang-orang Jawa, Sunda, dan Bali. Pada era modern, kebaya turut dikenakan oleh wanita di Asia Tenggara terutama Indonesia, Malaysia, Brunei dan Singapura.

Dikutip dari Wikipedia, kebaya adalah pakaian yang dikenakan keluarga kerajaan Jawa saja pada kisaran tahun 1500-1600.

Kebaya juga menjadi pakaian yang dikenakan keluarga Kesultanan Cirebon, Kesultanan Mataram dan penerusnya Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

Selama masa kendali Belanda di pulau itu, wanita-wanita Eropa mulai mengenakan kebaya sebagai pakaian resmi. Selama masa ini, kebaya diubah dari hanya menggunakan barang tenunan mori menggunakan sutera dengan sulaman warna-warni.

Foto jadul bocah Eropa di Jawa tahun 1900-an. (Leiden University Libraries via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Melalui perpustakaan online Leiden University Libraries, beberapa orang Eropa yang tinggal di Jawa pernah terekam berpose dengan kebaya dan jarit batik sekitar tahun 1900 hingga 1940.

Foto jadul mengenai bocah Eropa dengan pakaian tradisional tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

"Sekarang sudah jarang anak Nusantara yang main dengan pakaian adat daerahnya. Ini bocah bule malah pakai kebaya..hehe," kata Maksalmina Dzununis.

"Orang Londo saja luwes pakai kebaya, apalagi orang pribumi," komentar Re**na.

Foto jadul keluarga Eropa di Bandung tahun 1920-an. Wanita di belakang mengenakan pakaian tradisional. (Leiden University Libraries)

"Imut banget bocahnya," ungkap Ri** Is**dwi.

"Penjajah pakai baju daerah jajahannya," tulis Ard**o No**tirta.

"Sebenarnya penjajah tak sekejam di film. Bahkan banyak yang diuntungkan dari peninggalan penjajah. Kenapa setelah merdeka justru oknum bangsa sendiri yang menjajah dan mengeruk kekayaan alam lndonesia untuk perutnya sendiri dan kelompoknya," pendapat S**i A**o.

Itulah tadi foto jadul bocah Eropa dengan pakaian tradisional di Jawa pada tahun 1900-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi