Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 06 Juli 2022 | 16:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul bisa memperlihatkan penampakan yang kemungkinan sudah jarang ditemui di era modern. Potret lawas mengenai penangkapan buaya di Surabaya sebelum tahun 1880 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan foto jadul yang membuat netizen auto kagum. Bagaimana tidak, kita bisa menyaksikan seekor buaya berukuran jumbo yang ditangkap oleh beberapa orang.

Akun Potret Sejarah Indonesia mengunggah ulang sebuah koleksi KITLV yang tersimpan di Leiden University Libraries. "Een krokodil in de wijk Wonokromo te Soerabaja (Seekor buaya di Wonokromo Surabaya)," bunyi keterangan yang tertulis di Leiden University Libraries.

Laman perpustakaan online tak memberikan tanggal ketika foto direkam pertama kali. Mereka mengungkap bahwa foto tersebut diambil sebelum tahun 1880. Foto merupakan hasil jepretan dari Salzwedel.

Leiden University Libraries menyimpan lebih dari 400 foto karya Salzwedel yang merekam kejadian di Pulau Jawa pada kisaran 1870 hingga 1900-an.

Foto jadul penangkapan buaya jumbo sebelum tahun 1880. (Leiden University Libraries via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Beberapa foto menampilkan jalanan di Jawa Timur yang masih dipenuhi rerimbunan pohon. Kita tak jarang menemukan pohon beringin berukuran raksasa di sekitarnya.

Foto penangkapan buaya menampilkan beberapa orang yang memegang tongkat. Dua orang terlihat bersiaga memegang tali untuk membungkam mulut buaya sementara empat orang lain berdiri di samping dengan membawa tongkat.

Netizen memuji keberanian orang-orang tempo dulu yang mampu menangkap buaya jumbo tersebut. Foto jadul mengenai penangkapan buaya di Surabaya ini memancing beragam komentar dari netizen.

Foto jadul penangkapan buaya jumbo sebelum tahun 1880. (Leiden University Libraries)

"Pawang buaya pemberani," puji Su**a*to.

"Masih rimbun pepohonan. Sekarang rimbun pemukiman," komentar He**i Ha**dah.

"Wonokromo dulu memang tempatnya buaya. Tapi sekarang habis ditangkapi Joko Tingkir," canda Ku**o Set**no.

"Ini buaya satu-satunya yang pernah saya lihat dengan umur 130 tahun lebih meski berupa foto," ungkap Ni**ot P**ba.

"Wah ternyata Surabaya dulu banyak hewan buas ya," tulis Li**ah D**yo. Itulah tadi foto jadul penangkapan buaya jumbo di Surabaya yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Nia Ramadhani Ngaku Punya Penampilan Awet Muda, Netizen Beri Komentar Nyinyir Begini