Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 08 Juli 2022 | 14:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat memiliki nilai sejarah tersendiri bagi generasi setelahnya. Sebuah foto lawas mengenai pernikahan orangtua Prabowo di tahun 1947 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan foto pernikahan Dr Soemitro Djojohadikoesomo dan Dora Marie Sigar.

Kita bisa melihat Dr Soemitro yang memakai kacamata dan blangkon. Dora Sigar nampak menampilkan senyuman manis ke arah kamera.

"Potret Pernikahan Dr Soemitro Djojohadikoesomo dengan Dora Sigar, yang tidak lain adalah orangtua dari Prabowo Subianto. Soemitro pada saat itu merupakan doktor muda ilmu keuangan dan ekonomi dengan usia di bawah 30 tahun," bunyi keterangan yang dituliskan akun Perpustakaan Nasional.

Foto tersebut pernah dimuat di salah satu surat kabar lawas pada Januari 1947. Deskripsi foto turut menjelaskan bahwa Dr Soemitro pernah bekerja untuk pembangunan Indonesia di masa revolusi terutama untuk menyehatkan keuangan republik dengan pengeluaran Uang Republik.

Foto jadul pernikahan orangtua Prabowo. Dr Soemitro Djojohadikoesomo dan Dora Marie Sigar menikah tahun 1947. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Dikutip dari Wikipedia, Soemitro menikah dengan Dora Marie Sigar, yang saat itu merupakan mahasiswa keperawatan di Utrecht, ketika keduanya belajar di Belanda.

Soemitro merupakan seorang ekonom dan politikus Indonesia. Ia dikenal sebagai salah satu ekonom Indonesia paling terkemuka pada masanya.

Soemitro pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan Industri, Menteri Keuangan, dan Menteri Riset baik selama era Orde Lama maupun Orde Baru. Ia juga pernah menjadi Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Pria dari keluarga ningrat Jawa ini pernah berperan dalam menggalang dana dan dukungan internasional demi kemerdekaan Indonesia selama masa perjuangan.

Pernikahan Soemitro Djojohadikoesomo dengan Dora Sigar menghasilkan empat orang anak yang sangat berprestasi dalam bidang mereka masing-masing.

Foto Prabowo saat remaja. (instagram/fotojadoel)

Keempat anaknya termasuk Biantiningsih Miderawati Djiwandono, Marjani Ekowati, Prabowo Subianto, dan Hashim Djojohadikusumo. Foto jadul pernikahan orangtua Prabowo di tahun 1947 mendapat beragam komentar dari netizen.

"Prabowo punya bapak pakar ekonomi hebat," kata Am* Ka**.

"Wajah Prabowo mirip ibunya," pendapat R**y Fern**ty.

"Sang begawan ekonomi Indonesia," komentar Jo** Ris**anto. Itulah tadi foto jadul pernikahan Dr Soemitro Djojohadikoesomo dan Dora Sigar yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Abizar Nyanyi Lagu dengan Suara Mirip Uje, Umi Pipik Doakan Ini