Sabtu, 04 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 09 Juli 2022 | 21:25 WIB

Hitekno.com - Pernah mendengar atau membaca istilah FUP? Jika kamu sering membeli kuota unlimited pasti sering menjumpai FUP atau Fair Usage PolicyApa itu FUP yang sering kita dengar?

FUP atau Fair Usage Policy adalah kebijakan batas pemakaian wajar yang diberlakukan oleh setiap provider internet.

Jadi, walaupun disebut unlimited, kecepatan transfer data akan berkurang secara perlahan jika kamu telah melewati batas pemakaian wajarnya.

Setiap paket internet yang unlimited biasanya memiliki ketentuan FUP-nya masing-masing. Antara paket Internet yang satu dengan yang lainnya memiliki kebijakan FUP yang berbeda.

Antar provider pun juga memiliki batas pemakaian wajar yang tidak sama. Biasanya batas pemakaian wajar ini ada yang berlaku setiap hari maupun setiap bulan.

Adapun pemakaian yang berlebihan bisa disebabkan oleh penggunaan perangkat lunak Peer-to-Peer (P2P) atau hotspot. Selain itu, mengunggah, mengunduh, serta mengakses file besar.

Tujuan FUP pada Kuota Unlimited

Ilustrasi Pengguna Smartphone. (Pixabay/TeroVesalainen)

FUP bertujuan agar semua pengguna internet dapat merasakan pengalaman berselancar yang sama. Pasalnya, sejumlah orang yang memakai bandwidth berlebihan akan memperlambat koneksi untuk sebagian pengguna lainnya.

Sebagai contoh adalah paket 2GB unlimited, di mana 2GB ini merupakan kuota utama yang juga berperan sebagai batas wajar pemakaian internet.

Biasanya, paket internet unlimited dengan kuota utama menawarkan kecepatan yang lebih baik saat awal berlangganan. Namun, seiring penggunaan yang berlebih, kecepatan transfer data itu akan menurun dan menjadi sangat lambat daripada biasanya.

Hal tersebut juga akan dialami oleh sejumlah orang lain dengan paket berlangganan dan pemakaian serupa.

Hal ini dilakukan para provider untuk menciptakan keseimbangan konektivitas bagi semua orang. Karena, pada dasarnya, para penyedia layanan pun memiliki kapasitas bandwidth yang terbatas atau tidak sebanding dengan jumlah para penggunanya. FUP juga memiliki kelemahan dan kelebihan.

Kelebihan dari adanya batas FUP adalah tidak ada kuota yang membatasi, sehingga apabila sudah melebihi batas FUP, kamu masih dapat mengakses internet. Beda halnya dengan paket internet adalah kamu tidak bisa mengakses internet saat kuotanya telah habis.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu FUP atau Fair Usage Policy pada kuota unlimited. Semoga dengan mengetahui informasi ini kamu bisa lebih bijak lagi menggunakan kuota.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Cek FUP IndiHome dengan 3 Langkah Mudah