Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 11 Juli 2022 | 20:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masyarakat yang hidup puluhan tahun lalu dikenal memiliki etos kerja tinggi. Sebuah foto jadul mengenai wanita di Jawa Timur pada tahun 1915 ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan foto mengenai seorang wanita dengan sebuah drum di dekatnya. Wanita tersebut nampak memakai selendang dan berpose di depan kamera.

"Potret seorang wanita cebol karyawan di sebuah perusahaan kopi Besowo, Kediri, Jawa Timur sekitar tahun 1915," tulis Potret Sejarah Indonesia pada caption-nya.

Akun fanspage ini membagikan ulang sebuah arsip yang tersimpan di KITLV Leiden. Sebagai informasi, situs Leiden University Libraries menyimpan ratusan foto mengenai keadaan di Jawa Timur sebelum masa kemerdekaan.

Terdapat puluhan foto yang merekam perusahaan pengolahan kopi dan kina Besowo. Situs perpustakaan online tersebut menyimpan banyak foto mengenai pemandangan di sekitar perusahaan Besowo.

Foto wanita di Jawa Timur pada tahun 1915. (KTLV Leiden via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Salah satu di antaranya adalah foto mengenai seorang karyawan di samping drum ini. Sosok di dalam foto kemungkinan mengalami kondisi medis yang disebut dwarfism.

Kondisi ini menyebabkan seseorang memiliki perawakan lebih pendek dibanding manusia dewasa pada umumnya. Banyak netizen yang berpendapat bahwa wanita di dalam foto adalah sosok pekerja keras.

Namun ada pula yang menyoroti bahwa wanita itu menampilkan raut wajah "keterpaksaan" ketika direkam. Tak sedikit netizen bersedih karena melihat jarit wanita ini yang kemungkinan terbuat dari karung goni.

Foto jadul mengenai karyawan wanita pada pabrik kopi di Jatim tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

Foto wanita di Jawa Timur pada tahun 1915. (KTLV Leiden via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

"Keterpaksaan. Itulah yang ada dalam batinnya. Semoga beliau tenang di alam sana," kata Ac**ng M**na.

"Badan boleh kecil, tapi semangat kerjanya pasti besar," tulis D**as Pr**oga.

"Zaman sekarang orang berbadan tinggi besar sok hebat tapi berjiwa cebol. Foto nenek ini walau cebol tapi berhati mulia," pendapat Jo**.

"Sederhana tapi bajunya sopan. Bawahannya panjang, tertutup auratnya. Semoga husnul khatimah yang nek," doa I** Fa**dah.

"Kolonial memang kejam. Orang sekarang sudah termasuk enak. Lihatlah perlakuan kolonial pada wanita ini, sampai bajunya lusuh dan karung goni dipakai jarit (emoticon menangis)," tulis Ka** Nug**ho. Itulah tadi foto jadul wanita karyawan pabrik kopi di Jatim tahun 1915, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan