Minggu, 28 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 17 Juli 2022 | 14:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto lawas dapat memperlihatkan mode atau gaya yang pernah tren pada masanya. Sebuah foto lawas mengenai mahasiswa di tahun 1948 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Abdi Dinata membagikan foto jadul melalui forum Indonesia Tempo Doeloe.

Foto memperlihatkan tiga orang mahasiswa yang berjalan dengan mengenakan celana pendek. Akun Facebook itu mengunggah ulang sebuah arsip online yang tersimpan di Nederlands Fotomuseum.

"Studenten van de Gatjamada universiteit lopen over de stoep van de Jalan Malioboro te Yogyakarta, Indonesie, 1948. (Mahasiswa Universitas Gatjamada berjalan di trotoar Jalan Malioboro, Yogyakarta, Indonesia, 1948)," bunyi keterangan yang tertulis di Nederlands Fotomuseum.

Perlu diketahui, Universitas Gajah Mada resmi berdiri pada tahun 1949. Dikutip dari Wikipedia, itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Tentang Penggabungan Perguruan Tinggi Menjadi Universitas tanggal 16 Desember 1949.

Foto jadul siswa sekolah tinggi tahun 1948. (Nederlands Fotomuseum via Facebook Indonesia Tempo Doeloe)

Universitas tersebut merupakan gabungan dari balai pendidikan, sekolah tinggi, perguruan tinggi yang ada di beberapa daerah.

Salah satu sekolah tinggi yang nantinya menjadi cikal bakal Universitas Gajah Mada sudah ada sejak tahun 1946. Foto jadul kemungkinan merekam salah satu siswa di sekolah tinggi tersebut.

Kita dapat menyaksikan tiga orang mahasiswa dengan penampilan keren. Dua di antaranya memiliki tatanan rambut cukup klimis. Mereka nampak tersenyum ke arah kamera sehingga membuat penampilan semakin memesona.

Foto jadul siswa sekolah tinggi tahun 1948. (Nederlands Fotomuseum via Facebook Indonesia Tempo Doeloe)

Foto jadul mengenai mahasiswa di Yogyakarta banyak tersimpan di Leiden University Libraries dan Nederlands Fotomuseum. Beberapa di antaranya menampilkan jalan di Malioboro yang menjadi tempat tongkrongan favorit. Foto jadul tersebut mendapat beragam komentar dari netizen.

"Orang ganteng pada masanya," puji Ar**s Rach**n.

"Outfitnya keren," balas La**h**in.

Foto jadul siswa sekolah tinggi tahun 1948. (Nederlands Fotomuseum)

"Zaman itu mahasiswa punya sepeda, seperti sudah punya mobil pribadi," pendapat Nic**el**op.

"Keren, aku suka banget sama style-nya," komentar Sa**y Wi**ya.

"Mereka akan menjadi cendekiawan-cendekiawan hebat beberapa tahun kemudian," tulis Mb** I**. Itulah tadi foto jadul mahasiswa di tahun 1948 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Abizar Nyanyi Lagu dengan Suara Mirip Uje, Umi Pipik Doakan Ini