Rabu, 17 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 18 Juli 2022 | 09:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto lawas dapat menampilkan kearifan lokal yang pernah ada pada puluhan tahun lalu. Suasana desa di Yogyakarta pada era lawas ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan foto hitam putih mengenai suasana desa yang begitu asri.

"Suasana pedesaaan di Yogyakarta antara tahun 1947 hingga 1949," bunyi keterangan pada foto. Itu adalah salah satu arsip online yang tersimpan di Nederlands Fotomuseum.

Laman museum online tersebut menyimpan ratusan foto mengenai Yogyakarta di tahun 1900-an. Kita bisa melihat suasana sebuah jalan dengan latar gunung yang tertutup awan.

Beberapa orang nampak melewati jalan yang diapit oleh perkebunan di sekitarnya. Ibu-ibu di dalam foto terlihat mengenakan busana tradisional dan jarit batik.

Foto jadul suasana desa di Yogyakarta tahun 1940-an. (Nederlands Fotomuseum via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Salah seorang wanita nampak sedang membawa hasil panen. Para wanita itu berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Pemandangan orang yang berjalan tanpa alas kaki kerap dijumpai pada foto jadul tahun 1880 hingga 1960.

Sebuah gerobak yang ditarik oleh dua ekor sapi nampak melintas di jalan tersebut. Netizen memuji bahwa foto jadul ini menampilkan suasana yang begitu asri dan adem.

Kendaraan pengangkut yang ditarik oleh kuda (andong) dan gerobak sapi (cikar) kerap ditemui pada foto lawas jalanan di Yogyakarta puluhan tahun lalu. Foto jadul mengenai suasanan desa di Yogyakarta pada tahun 1940-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

Foto jadul suasana desa di Yogyakarta tahun 1940-an. (Nederlands Fotomuseum via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

"Suasananya adem dan asri. Jauh dari kesan kumuh dan pencemaran udara," kata Ge** C**ra Wi**wa.

"Seperti Jalan Kaliurang dengan background Merapi sisi selatan" pendapat Ar**f O**ya.

"Sederhana tapi berkesan. Sebuah desa yang adem, tenang, dan sejuk," balas Aj**g.

"Indah banget pemandangannya, masih alami," komentar Ar**n. Itulah tadi foto jadul suasana desa di Yogyakarta pada tahun 1940-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan