Senin, 29 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 22 Juli 2022 | 10:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul memiliki nilai sejarah tersendiri bagi generasi setelahnya. Sebuah foto lawas mengenai putri keraton pada tahun 1890-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Deny Setyawan membagikan foto hitam putih melalui forum Foto Noesantara Doeloe.

Ia sebenarnya membagikan ulang sebuah arsip dari Leiden University Libraries dan Tropen Museum. Sosok perempuan di dalam foto merupakan keluarga dari Sultan Hamengku Buwono VII.

"Kandjeng Ratoe Madoe-retno in hofkleding, behorend tot de familie van Hamengkoe Boewono VII, sultan van Jogjakarta. (Kanjeng Ratu Maduretno mengenakan pakaian istana, keluarga Hamengku Buwono VII, sultan di Yogyakarta)," bunyi keterangan yang tertulis di perpustakaan online Leiden University Libraries.

Laman perpustakaan online menyebutkan bahwa foto ini direkam oleh Kassian Cephas, salah seorang pelopor fotografi di Indonesia. Foto diperkirakan direkam pada 1845 hingga 1912.

Foto jadul putri keraton tahun 1890 - 1900. (KITLV Leiden via Facebook Foto Noesantara Doeloe)

"Ratoe Madoeretna, dochter van sultan Hamengkoe Boewono VII. (Ratu Maduretno, putri Sultan Hamengku Buwono VII)," bunyi keterangan di Tropenmuseum. Laman museum online memberikan deskripsi bahwa foto direkam pada kisaran 1890 hingga 1900.

Terdapat lebih dari 60 foto mengenai keluarga Sri Sultan Hamengku Buwono VII di situs Leiden University Libraries. Banyak netizen yang terkesima dengan penampakan putri keraton satu ini.

Ia nampak anggun dengan busana tradisional dan mengenakan jarit batik. Foto meja dan kursi terlihat cukup mewah pada masanya. Unggahan foto jadul mengenai putri keraton pada tahun 1890-an ini mendapat beragam komentar dari netizen.

Foto jadul putri keraton 1845-1912. (Leiden University Libraries)

"Cantik banget," puji Ay* Kus**asa*i.

"Cantik karena perawatan tubuh lulur dan minum jamu setiap hari. Betah tirakat. Dan selalu memakai stagen atau kendit, jadi perutnya terlihat rata," pendapat Sa**ija**o.

"Asli cantik natural," komentar Be**ng Lo**ry.

"Orang dulu banyak kok yang cantik-cantik," balas N**yo Wo**so. Itulah tadi foto jadul putri keraton tahun 1890-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Nia Ramadhani Ngaku Punya Penampilan Awet Muda, Netizen Beri Komentar Nyinyir Begini