Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 22 Juli 2022 | 13:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seseorang harus berjuang lebih dalam mengelola gaji yang pas-pasan. Sebuah daftar potongan gaji guru di tahun 1970-an ini bikin netizen salfok.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan deskripsi daftar potongan gaji guru yang pernah dimuat pada surat kabar lawas.

"Nasib guru SD zaman dulu, sudah gaji kecil daftar potongannya panjang serenceng," tulis akun Facebook Perpustakaan Nasional.

Kita bisa melihat potongan gaji guru SD yang begitu banyak. Terdapat setidaknya rincian 19 poin yang membuat gaji guru zaman dulu terpangkas dalam jumlah tak sedikit.

"Dengan melalui harian ini, saya ingin menyampaikan data potongan istri saya Guru SD Subang untuk dihayati nasib guru tersebut," bunyi keterangan yang tertulis pada surat kabar.

Daftar potongan gaji guru tahun 1977. (Facebook/ Perpustakaan Nasional RI)

Itu adalah artikel yang merupakan bagian dari Koleksi Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI (SKALA-Team). Kita dapat menyaksikan beberapa potongan cukup besar dari potongan Piket, Majalah Suara Daerah, SPP, dan potongan Koperasi.

Beberapa potongan lain termasuk potongan KORPRI, Idhata, Inpasing, PMI, Kelompok Diskusi, Buku Identitas Pegawai, Jambore Nasional, P3D dan lain-lain.

Jika ditotal, keseluruhan pemotongan gaji mencapai Rp 5.655. Sebagai informasi, harga emas pada tahun 70-an sekitar Rp 2 ribuan per gram-nya. Gaji PNS saat itu berkisar 12 ribu hingga 120 ribu. Daftar potongan gaji guru di tahun 1970-an ini mendapat beragam komentar dari netizen.

Daftar potongan gaji guru tahun 1977. (Facebook/ Perpustakaan Nasional RI)

"Prihatin sekali guru zaman dulu, ada yang sampai punya banyak hutang untuk mencukupi kebutuhan hidup," kata B**i L**uwih.

"Sebagai anak guru tahun 80-an saya mengalami susahnya hidup tahun segitu," komentar Sub**ja H**im.

"Jadi guru jujur berbakti memang makan hati (Guru Oemar Bakri - Iwan Fals)," tulis Ka**to Wa**nabe.

"Tapi guru-guru dulu profesional dan fokus mengajar makanya pantas disebut pahlawan tanpa tanda jasa," pendapat Pras**wo N**o.

"Potongan majalah malah paling besar ya," ungkap Tan**do. Itulah tadi daftar potongan gaji guru tahun 1970-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Netizen Tuding Dirinya Terkena Star Syndrome, Begini Respons Inara Rusli