Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 22 Juli 2022 | 14:08 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Facebook mulai merombak desain tampilannya guna menarik pengguna usia muda. Platform media sosial milik Meta ini merubah tata letak umpan atau fedd.

Diharapkan perubahan tampilan feed ini membuat pengguna usia muda lebih tertarik untuk menggunakan Facebook.

Pengguna Facebook nantinya bisa dengan lebih mudah untuk mendapatkan konten-konten baru dan tidak lagi melihat unggahan lama dari akun yang diikuti.

Melansir Suara.com, dalam beberapa waktu terakhir, para eksekutif Meta meminta agar produk "Reels" serta inovasinya bisa ditingkatkan karena terbukti menggaet lebih banyak pengguna usia muda.

Nantinya pada bagian beranda di Facebook pengguna akan banyak unggahan populer dari berbagai akun di seluruh dunia, disesuaikan dengan minat pengguna.

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Simon)

Cara itu diklaim mirip seperti sistem "FYP" atau "For You Page" dari TikTok.

Selain pembaruan sistem "Home", Facebook akan menghadirkan "Feed" sebuah tab baru dan terpisah agar pengguna bisa melihat unggahan-unggahan dari akun yang berteman atau diikuti secara aktif oleh pengguna.

Di dalam "Feed" pengguna akan melihat unggahan yang ditampilkan secara kronologis mengenai aktivitas teman ataupun orang yang diikutinya.

Perusahaan media sosial di dunia telah saling berkompetisi mengembangkan dan menciptakan rekomendasi berbasis algoritmik dalam beberapa bulan terakhir karena adanya TikTok yang terus naik daun.

TikTok mengubah strategi media sosial dan menunjukkan perubahan yang sangat berbeda dengan sistem sosial media di 2018 ketika unggahan di media sosial hanya berkutat pada unggahan dari lingkungan pengguna entah dari teman ataupun keluarga di bagian halaman utamanya.

Untuk mewujudkan itu, bahkan Chief Product Officer Meta Chris Cox bahkan menyebutkan Meta menyiapkan lebih banyak unit pemrosesan grafis (GPU) hingga 5 kali lipat di pusat datanya agar bisa memberikan daya komputasi ekstra untuk kecerdasan buatannya.

Itulah upaya Facebook menarik pengguna usia muda dengan mengubah tampilan feed jadi lebih mirip TikTok. (Suara.com/ Agatha Vidya Nariswari).

BACA SELANJUTNYA

Cara Mengubah Akun TikTok Jadi Privat, Ikuti Metode Ini