Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 25 Juli 2022 | 20:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak hanya di era modern, menonton film merupakan salah satu aktivitas yang disukai oleh orang-orang tempo lawas. Sebuah foto jadul mengenai "bioskop mobil" di Ancol pada tahun 1970 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan sebuah foto yang pernah dimuat pada salah satu surat kabar lawas.

Itu adalah salah satu koleksi dari Layanan Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI (SKALA Team). Foto menampilkan sebuah Drive-in Theatre Ancol yang pertama.

Menurut keterangan dari Perpustakaan Nasional, Drive-in Theatre Ancol konon merupakan bioskop mobil pertama di Indonesia pada saat itu.

Keterangan pada foto mengklaim bahwa tempat ini juga termasuk yang terbesar di Asia Tenggara. "Drive-in Theatre Ancol ini mampu menampung 850 mobil sekaligus, karena dibangun di lahan seluas 5 hektar dan mempunyai kapasitas tempat parkir seluas 40.000 meter persegi yang sekaligus jadi tempat menonton. Untuk layar film dibuat dengan ukuran besar yaitu tinggi seluruhnya 27 meter (khusus layarnya 19 meter) dan lebar 40 meter yang dibuat dengan menggunakan kerangka baja," tulis akun Facebook Perpustakaan Nasional.

Suasana nonton film di ''bioskop mobil" Ancol tahun 1970-an. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Netizen langsung menyoroti banderol harga tiketnya. Tiket bioskop mobil itu dibanderol Rp 500 untuk orang dewasa dan Rp 300 untuk anak-anak. Harga sebesar itu termasuk cukup mahal pada zamannya. Sebagai perbandingan, harga emas per gram di tahun 1970-an ada pada kisaran Rp 2 ribuan.

Film dapat ditonton dengan jarak maksimal sampai 200 meter. Pengunjung dapat memesan makanan lewat pegawai yang stanby di sekeliling mobil.

Penonton tentu dari golongan orang-orang kaya. Perlu diketahui, orang yang memiliki mobil di tahun 1970-an hanya golongan tertentu dengan jumlah tak sebanyak sekarang. Foto jadul mengenai bioskop mobil pada tahun 1970 mendapat beragam komentar dari netizen.

Suasana nonton film di ''bioskop mobil" Ancol tahun 1970-an. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Begitu berharga uang Rp 500 di tahun 1970," kata Ag** Saf**d**ur.

"Mirip nonton nonton layar tancap kalau di kampung-kampung pada zaman dulu," komentar Au**l A**ia.

"Apakah ini awal mula istilah mobil goyang di Ancol ya?" celetuk D** As**ti.

"Tiketnya mahal ya," pendapat Ta**ik A**ad.

"Nonton dari mobil. Hanya untuk orang-orang kaya tentunya," balas J**ian. Itulah tadi foto jadul bioskop mobil di Ancol yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz