Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 27 Juli 2022 | 16:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto lawas dapat memperlihatkan busana dan gaya tradisional dari orang-orang tempo dulu. Sebuah foto jadul mengenai wanita berkebaya pada tahun 1930-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan foto hitam putih yang memperlihatkan dua wanita berpenampilan menawan.

"Potret dua orang wanita Sunda berkebaya, Jawa Barat, sekitar tahun 1935," bunyi keterangan pada foto. Itu adalah salah satu arsip online koleksi KITLV.

Situs perpustakaan Leiden University Libraries menyimpan banyak foto koleksi KITLV yang menampilkan suasana Indonesia sebelum masa kemerdekaan.

Kita bisa melihat dua orang wanita yang berpose di depan pohon. Wanita itu mengarahkan wajah ke kamera dan memamerkan senyuman manis.

Foto jadul wanita Sunda berkebaya di Jawa Barat tahun 1935. (KITLV Leiden via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Mereka memakai kebaya dan mengenakan jarit batik. Kedua wanita ini juga nampak menggendong sesuatu menggunakan selendang.

Banyak netizen yang memuji para dari wanita itu. Gaya rambut orang-orang tempo dulu memiliki ciri khas tersendiri. Foto jadul yang tersimpan pada koleksi KITLV dan NGA banyak menampilkan wanita Indonesia pada tahun 1930-an.

Sebagian dari mereka memamerkan gaya rambut diikat serta digelung pada bagian belakang. Tak sedikit dari mereka yang memiliki rambut klimis.

Foto jadul wanita Sunda berkebaya di Jawa Barat tahun 1935. (KITLV Leiden via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Foto gadis pemetik daun teh di Bogor pada tahun 1930-an juga menampilkan gaya seperti itu. Postingan mengenai foto jadul wanita berkebaya pada tahun 1930-an ini mendapat beragam komentar dari netizen.

"Subhanallah, cantiknya mojang Priangan. Tanpa makeup, terlihat cantik alami," puji R**i Ang**aeni.

"Anak pedagang sukses di masanya. Kain batik saja hanya dipakai minimal para pamong. Lalu gelang, zaman segitu perhiasan pilihannya tidak banyak, kalau tidak perak ya emas bahannya," pendapat Yo**.

Gadis-gadis pemetik daun teh di Bogor tahun 1938. (NGA via Instagram/potolawas)

"Perempuan Sunda memang sudah cakep dari sononya," komentar Yu**a Terng**nas.

"Terlalu cantik di tengah penjajahan," balas Ah**d Ma**ur.

"Tahun 1935 sudah pakai kebaya dan kain mewah. Mereka bukan warga sembarangan," tulis Im** Za**an. Itulah tadi foto jadul wanita Sunda pada tahun 1930-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Jamaah Wanita Ribut Saat Salat Idul Adha hingga Jambak-jambakan, Diduga Gegara Hal ini