Minggu, 28 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 05 Agustus 2022 | 09:13 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap periode biasanya memiliki acara hingga gaya yang pernah hype pada zamannya. Foto jadul mengenai suasana kontes "ngeceng" pada tahun 1980-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional RI membagikan foto lawas mengenai keriuhan acara yang diikuti oleh muda-mudi era 80-an.

"Kontes 'Ngeceng' para muda-mudi era 80-an. Ngeceng ini istilah populer masa itu yang artinya berusaha menarik perhatian. Sampai-sampai tren ngeceng ini dilombakan jadi ajang Ngeceng Show," tulis akun Facebook Perpustakaan Nasional pada caption.

Postingan yang dibagikan merupakan salah satu foto yang pernah dimuat di salah satu surat kabar lawas. Foto tersimpan sebagai salah satu bagian dari Koleksi Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI (SKALA-Team).

Ngeceng merupakan istilah yang pernah populer di tahun 80-an dan 90-an. Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ngeceng berarti jual tampang untuk cari perhatian.

Suasana kontes ''ngeceng'' di tahun 1986. Istilah ''ngeceng'' pernah populer di tahun 80-an dan 90-an. (Facebook Perpustakaan Nasional)

Anak muda biasanya bakal nongkrong dan memakai busana keren untuk menarik perhatian lawan jenis. Foto menampilkan kontes "ngeceng" yang berlangsung di Parkir Timur Senayan, Jakarta pada 14 Desember 1986.

"Ngeceng Show" diikuti oleh 60 kelompok muda-mudi yang berasal dari Jakarta dan Bandung. Sebagian besar dari mereka nampak keren dengan mengenakan kacamata hitam. Tak sedikit netizen yang menyeletuk bahwa "Ngeceng Show" ini adalah "leluhur" dari Citayam Fashion Week.

Foto suasana Ngeceng di tahun 1980-an berhasil viral setelah dibagikan lebih dari 200 kali oleh netizen. Postingan viral mengenai kontes "ngeceng" mendapat beragam komentar dari netizen.

"Dulu masih banyak yang cantik alami," kata Mar**tin H**tono.

Suasana kontes ''ngeceng'' di tahun 1986. Istilah ''ngeceng'' pernah populer di tahun 80-an dan 90-an. (Facebook Perpustakaan Nasional)

"Ngeceng ni yee. Kalimat itu sempat booming," kenang Eg** Rah**n.

"Kakeknya Citayam Fashion Week," komentar V** T**nik.

"Gaya-gaya ala Lupus dan karakter di Catatan Si Boy," pendapat He** Pi**gadi.

"Mungkin saja di situ ada encingnya Jeje, engkongnya Roy dan bapaknya Bonge," tulis Ro**di. Itulah tadi foto jadul mengenai kontes "ngeceng" di tahun 80-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi