Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:35 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul memiliki nilai sejarah tersendiri bagi generasi setelahnya. Sebuah foto lawas mengenai Soekarno di acara pemberantasan buta huruf tahun 1946 berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Potret Sejarah Indonesia membagikan foto hitam putih yang menampilkan sosok Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Bapak Proklamator Indonesia itu nampak sedang menggoreskan kapur di papan tulis. Banyak warga Yogyakarta memperhatikan penjelasan dari Soekarno.

"Presiden Soekarno turut memberantas buta huruf di Yogyakarta, November 1946," bunyi keterangan pada foto. Itu merupakan salah satu foto jadul milik Indonesian Press Photo Service (IPPHOS) yang tersimpan di situs Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Kita bisa melihat banyak warga lokal yang memakai baju tradisional. Para wanita mempunyai rambut hitam panjang dan digelung. Tak sedikit dari mereka mengenakan kebaya dan jarit batik.

Soekarno membantu memberantas buta huruf di Yogyakarta 1946. (IPPHOS via ANRI, Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Foto lain di ANRI menampilkan momen ketika Soekarno berpidato di tempat terbuka. Terdapat banyak meja yang disusun di tempat tersebut. Soekarno nampak menjelaskan program pemberantasan buta huruf kepada masyarakat Yogyakarta.

Netizen mengagumi sosok Soekarno yang terlihat sangat dicintai oleh rakyat. Postingan mengenai foto jadul Soekarno ini berhasil viral setelah memperoleh 17 ribu tanda suka dan dibagikan ratusan kali oleh netizen. Unggahan foto lawas ini mendapat beragam komentar dari netizen.

"Figur pemimpin yang ingin mencerdaskan bangsanya. Kharisma Soekarno luar biasa," kata Ro** J**i.

"Rambutnya hitam berkilau semua. Rambut bergelung dan pakai konde jadi terlihat rapi," pendapat Ce**a B**u.

Soekarno membantu memberantas buta huruf di Yogyakarta 1946. (IPPHOS via ANRI)

"Semoga usaha beliau untuk kemerdekaan bangsa ini menjadi ladang amal jariyah, Al-Fatihah," doa Su**y*no Ro**at.

"Hebat. Jasa beliau sangat luar biasa," tulis Nu**li.

"Orang zaman dulu rambutnya pada bagus-bagus ya," puji Na**ng Ib**him. Itulah tadi foto jadul Soekarno pada acara pemberantasan buta huruf di Yogyakarta tahun 1946, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen