Kamis, 18 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masyarakat tempo lawas sering mengenakan baju tradisional dalam kesehariannya. Sebuah foto jadul mengenai suasana pasar di Jakarta pada tahun 1936 berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan dua foto mengenai penampakan Pasar Senen di Batavia (sekarang Jakarta) sebelum kemerdekaan.

"Pasar Senen te Batavia. (Pasar Senen di Batavia)," bunyi keterangan yang tertulis di situs Leiden University Libraries. Situs perpustakaan online tersebut menyimpan puluhan foto mengenai kondisi Pasar Senen pada tahun 1908 hingga 1950-an.

Foto pertama menampilkan beberapa pedagang yang menjajakan produknya di sekitar rel. Terdapat payung-payung kecil yang ada pada beberapa lapak.

Foto kedua menampilkan wanita yang sedang melewati deretan lapak di pinggir jalan. Wanita tersebut mengenakan jarit batik dan kebaya.

Foto jadul suasana Pasar Senen di Batavia 1936. (Leiden University Libraries)

Mereka terlihat memakai selembar kain untuk menutupi rambut kepala. Netizen menilai penampilan seperti itu sangat anggun pada masanya.

Beberapa pembeli nampak berseliweran tanpa mengenakan alas kaki. Dikutip dari Wikipedia, Pasar Senen merupakan pasar tertua di Jakarta.

Dinamai Pasar Senen karena perdagangan di pasar ini awalnya berlangsung setiap hari Senin dan didominasi oleh masyarakat etnis Tionghoa.

Waktu pembangunan Pasar Senen bersamaan dengan waktu pembangunan Pasar Tanah Abang, yakni pada 30 Agustus 1733 oleh seorang tuan tanah yang juga seorang arsitek bernama Yustinus Vinck.

Awalnya, lahan yang digunakan adalah tanah milik anggota Dewan Hindia bernama Corrnelis Chastelein. Saat beroperasi pertama kali, Pasar Senen dibuka setiap hari Senin.

Foto jadul suasana Pasar Senen di Batavia 1936. (Leiden University Libraries)

Namun pada tahun 1766, pasar yang ramai dikunjungi ini akhirnya dibuka untuk hari selain Senin. Postingan foto jadul mengenai suasana pasar di Jakarta pada tahun 1930-an mendapat beragam komentar dari netizen.

"Wah ini ciri orang Betawi banget. Berkebaya dan kerudungnya cukup khas," kata Ma**n**ng.

"Orang dulu super anggun," komentar Su**la**ty Ib**him

"Zaman dulu pakai kebaya dan sopan santun sangat dijaga," pendapat Ed* Su**nda.

"Lihat gedungnya itu mirip tikungan di Jalan Kwitang, keren banget. Tahun 1936 sudah terlihat modern," balas L**s Ve*as. Itulah tadi foto jadul suasana Jakarta di tahun 1930-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Ada SLANK dan Padi, Inilah Harga Tiket Konser Jakarta Fair 2023 Lengkap dengan Jadwal dan Link Pembelian