Senin, 29 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 22 Agustus 2022 | 18:35 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Iklan jadul dapat memperlihatkan harga kendaraan dan rumah di era lawas. Sebuah iklan jadul yang mempromosikan rumah di Jakarta pada tahun 1981 ini berhasil membuat netizen salfok.

Netizen menyoroti harga rumah yang tertera pada iklan tersebut. Akun Facebook Perpustakaan Nasional membagikan iklan jadul yang pernah dimuat oleh surat kabar di era lawas.

Iklan itu mempromosikan rumah yang berada di kawasan Cipinang Indah, Jakarta Timur.

"Miliki rumah di komplek perumahan 'Cipinang Indah' dengan harga Rp. 14,6-25 juta. Sayangnya iklan ini merupakan iklan penawaran komplek perumahan di 'Cipinang Indah' sekitar 41 tahun yang lalu, tepatnya di tahun 1981. Mungkin saat ini harga rumah di komplek tersebut sudah menembus harga miliaran rupiah," tulis akun Facebook Perpustakaan Nasional pada caption.

Itu adalah salah satu iklan jadul yang tersimpan sebagai arsip Koleksi Layanan Surat Kabar Langka Terjilid Perpusnas RI (SKALA Team).

Iklan jadul penjualan rumah di Jakarta tahun 1981. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Iklan menawarkan rumah semi mewah yang dibanderol belasan juta rupiah hingga Rp 25 juta. Terdapat berbagai fasilitas yang ditawarkan termasuk jalan aspal, listrik PLN, jaringan telepon, dan posisi strategis dekat sekolah, pasar, hingga tempat rekreasi Angkasa Puri.

Perusahaan mengklaim bahwa rumah tersebut menghadirkan ketenangan di dalam kota dengan udara yang cukup segar. Calon pembeli bisa mengajukan kredit dalam jangka waktu lima hingga dua puluh tahun.

Dikutip dari Wikipedia, nilai satu dolar AS setara dengan Rp 626 pada tahun 1980. Jika dilihat dari salah satu situs penjualan rumah online, harga rumah di Cipinang saat ini dapat menembus Rp 1,4 miliar hingga Rp 4,9 miliar.

Iklan jadul penjualan rumah di Jakarta tahun 1981. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Postingan iklan jadul mengenai harga rumah di Jakarta pada tahun 1980-an mendapat beragam komentar dari netizen.

"Sekarang sudah miliaran," kata Ma**ia*o.

"Ayahku dulu pernah cerita kalau beliau beli tanah cukup luas dengan harga Rp 20 ribu puluhan tahun lalu," ungkap Sa**ud*n.

"Area banjir ya sekarang," balas He**ra Tan**ih*rja.

"Rp 25 juta termasuk mahal. Orangtuaku jual rumah di Sumsel pinggir jalan Rp 6 jutaan pada tahun 1988," tulis Le** Iz*n. Itulah tadi iklan jadul mengenai harga rumah di Jakarta tahun 1980-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen