Senin, 29 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 23 Agustus 2022 | 16:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap periode biasanya memiliki gaya yang pernah populer pada zamannya. Sebuah foto jadul mengenai suasana pawai di tahun 1970-an berhasil menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Irien Renny membagikan foto di forum Indonesia Tempo Doeloe. Rupanya itu adalah sebuah pawai 17 Agustus di era lawas.

Para peserta pawai nampak mengenaikan busana tradisional dengan penampilan cukup anggun. "Pawai 17 Agustus 1978 di Tasikmalaya," tulis Irien Renny.

Kita bisa melihat peserta yang mengenakan jarit batik sebagai bawahan. Terdapat busana yang mewakili identitas masing-masing daerah di Indonesia.

Para wanita menampilkan rambut digelung ke belakang dan memakai konde. Netizen turut menyoroti gaya rambut dari para pria. Kita dapat menyaksikan beberapa pria dengan potongan rambut gondrong.

Foto jadul pawai Agustusan di tahun 1970-an. (Facebook Irien Renny via Indonesia Tempo Doeloe)

Tak sedikit dari mereka yang mempunyai rambut kribo. Dua gaya rambut tersebut sepertinya cukup populer di tahun 70-an.

Penampilan pria dengan rambut gondrong kerap terekam di tahun 70-an dan 80-an. Pada beberapa foto jadul, kita sering menyaksikan pemuda yang cukup bangga ketika berpose dengan mengenakan celana cutbray.

Perlu diketahui, cutbray mulai menjadi tren modis bagi perempuan pada pertengahan 1960 di Eropa dan Amerika Utara.

Kemudian mode ini menyebar ke banyak negara pada tahun 1970-an dan menjadi tren anak muda, baik pria maupun wanita. Foto jadul pawai Agustusan di tahun 1970-an mendapat beragam komentar dari netizen.

Foto cowok tahun 70-an dengan celana cutbray. (Facebook Jogja Rikala Semana via Indonesia Tempoe Doeloe)

"Zaman kaum pria punya style gondrong dan rambut kribo," kata K**onk.

"Dulu lebih menonjolkan budaya dan sisi perjuangan," balas A**o Sum**i.

"Pawai baju adat harus selalu ada meski cuma setahun sekali," pendapat Chr**na C**bi.

"Jadi ingat zaman dulu. Setiap ada pawai pasti nonton sama teman. Dulu pawainya seru, pakaian bagus-bagus, nggak nyeleneh seperti sekarang," kenang S**ri A**.

"Wanitanya masih cantik alami," puji Di** S**a. Itulah tadi foto jadul pawai Agustusan yang berhasil menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan