Senin, 29 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 27 Agustus 2022 | 17:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masyarakat di era lawas dikenal memiliki etos kerja yang sangat tinggi. Sebuah foto jadul yang direkam pada puluhan tahun lalu ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawasofficial membagikan foto mengenai bocah dengan gaya tak biasa. "Indonesia, bocah laki-laki pada sebuah jalan di Jawa. Sekitar tahun 1960-an atau 1970-an," tulis @potolawasofficial pada caption-nya.

Foto tersebut diabadikan oleh Harrison Forman. Banyak foto dari Harrison Forman yang tersimpan di arsip online UWM Libraries, University of Wisconsin.

Situs online perpustakaan universitas itu memang dikenal menyimpan foto-foto bersejarah baik di Asia maupun Timur Tengah.

Melalui keterangan di UWM Libraries, masih belum diketahui terkait rincian tahun ketika foto tersebut diambil. Situs mencantumkan keterangan "circa 1960s-1970s" sehingga diprediksi itu sekitar tahun 1960-an atau 1970-an.

Foto bocah tahun 1960-an atau 1970-an ini bikin netizen salfok. (Instagram/ potolawasofficial)

Kita bisa melihat tiga orang bocah yang tengah tersenyum ke arah kamera. Bocah di sebelah kiri nampak menggendong anak kecil yang kemungkinan merupakan saudaranya.

Ketiga bocah itu terlihat kompak menggunakan celana pendek. Bocah di sebelah kanan cukup menarik perhatian karena membawa cangkul berukuran kecil di pundaknya.

Pemandangan ini cukup jarang ditemukan di zaman modern. Menggunakan caping dan cangkul, sang bocah kemungkinan turut membantu orangtua dalam mengolah sawah atau ladang.

Melalui beberapa foto jadul yang pernah beredar, banyak para remaja laki-laki yang memakai celana pendek baik ketika bersekolah maupun sehari-hari. Tak sedikit netizen memuji bocah pembawa cangkul sebagai seseorang yang pekerja keras.

Foto bocah tahun 1960-an atau 1970-an ini bikin netizen salfok. (Instagram/ potolawasofficial)

Unggahan foto jadul ini menarik perhatian setelah memperoleh 3.600 tanda suka dan puluhan komentar. Momen bocah tahun 1970-an yang begitu sederhana dengan raut wajah bahagia ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Celananya kok gemes banget ya," tulis @d**da**1.

"Pegangnya cangkul, pekerja keras. Lah sekarang bocah pada main game online ep ep," komentar @la**k_b**ang_j**ul.

"Orang-orang hebat saat itu," puji @dw**ri**i93.

"Sekarang langka sekali kalau ada yang mau bawa main adeknya. Boro-boro mau bawa main, malah digangguin mulu sampai si adik mewek," pendapat @liz**ee**n.

Itulah tadi foto jadul bocah 1970-an dengan gaya unik yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi