Senin, 06 Februari 2023
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 30 Agustus 2022 | 13:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Orang-orang tempo dulu mempunyai gaya unik yang pernah menjadi tren pada zamannya. Sebuah foto jadul mengenai pemuda tahun 1940-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook Potolawas membagikan foto hitam putih melalui forum Indonesia Tempo Doeloe. "Drie Indonesische jonge mannen, Soerabaja, circa 1946. (Tiga pemuda Indonesia, di Surabaya, sekitar tahun 1946)," bunyi keterangan pada foto.

Kita bisa melihat beberapa pemuda dengan gaya cukup keren. Dua laki-laki nampak mengenakan jas dengan kancing agak terbuka. Pemuda lain lebih kalem dengan jas tertutup.

Cowok yang lebih muda terlihat memakai sarung dan memegang rokok di bagian depan. Semua pemuda mengenakan peci saat berpose di depan kamera. Pria yang memakai peci hitam kerap terekam pada banyak foto jadul.

Sebagian besar dari mereka nampak mengenakan peci dalam posisi miring. Tampilan "peci miring" diprediksi pernah menjadi gaya hits pada puluhan tahun lalu.

Foto pemuda tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Potolawas via Indonesia Tempoe Doeloe)

Pada postingan terpisah, kita pernah melihat foto jadul yang tersimpan di laman Nationaal Archief. Foto itu menampilkan tentara rakyat (dulu pasukan BKR atau Badan Keamanan Rakyat) dengan peci di kepalanya.

Banyak pejuang Tanah Air yang mengenakan peci hitam saat berjuang meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Foto jadul mengenai pemuda Indonesia tahun 1940-an ini mendapat beragam komentar dari netizen.

"Zaman dulu pakai jas bukan hanya untuk nikahan saja, keren," kata As** Be**ih.

Foto jadul pejuang di tahun 1940-an. (Nationaal Archief via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

"Peci miring sepertinya memang hits pada zamannya. Bapak saya kelahiran tahun 1937, foto ijazah pakai kopiah miring juga," komentar Sr* Pr**nyau**mi.

"Wah, kecil-kecil sudah mulai merokok ya," balas Su**rdi Pr**iro.

"Orang dulu banyak yang nggak pakai sandal dan cuma sarungan di pinggir jalan," tulis Ma**nd*l. Itulah tadi foto jadul pemuda tahun 1940-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Kepala Desa di Sumedang Tampil dengan Rambut Mohawk, Netizen: Gaul!