Rabu, 24 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 31 Agustus 2022 | 08:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Motor jadul memiliki kenangan tersendiri bagi netizen generasi lawas. Sebuah iklan motor jadul di tahun 1981 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan sebuah iklan yang pernah dimuat pada salah satu surat kabar.

Iklan tersebut mempromosikan Honda Super Cub 700 (C700) yang diklaim sangat irit. Honda mengklaim bahwa kendaraan "terbaru" mereka di tahun 1981 dapat menempuh perjalanan 100 kilometer dengan konsumsi 1 liter bensin.

"Terbaru 1981, Si Jelita. Honda Super Cub 700, 100 km/liter. Hemat, lincah, dan anggun," bunyi keterangan pada iklan jadul.

Postingan iklan ini merupakan salah satu arsip yang tersimpan sebagai Koleksi Layanan Surat Kabar Langka Terjilid Perpusnas RI (SKALA Team).

Iklan motor jadul tahun 1981. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Perusahaan nampak mempunyai tagline yang berbunyi "Bagaimanapun juga, Honda lebih unggul!". Seperti namanya, Honda Super Cub 700 (C700) memiliki kapasitas mesin 70 cc.

Pada iklan jadul lain, perusahaan menggambarkan C700 sebagai kendaraan yang hemat dan tangguh. "Super Cub 700 adalah cakrawala baru sepeda motor bebek di era hemat energi: 100 km/liter, pada kecepatan tetap 30 km/jam," tulis Honda pada iklan lawas lain.

Akun Perpustakaan Nasional mengungkap bahwa C700 merupakan salah satu leluhur motor bebek yang diproduksi oleh Honda. Netizen turut bernostalgia dengan keberadaan motor C700. Mereka bahkan mengingat kendaraan ini sebagai "motor Pak Guru".

Selain dikenal irit, motor tersebut kerap menjadi kendaraan andalan guru pada puluhan tahun yang lalu. Postingan iklan motor jadul tahun 1981 ini mendapat beragam komentar dari netizen.

Iklan motor jadul tahun 1981. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Saya butuh motor ini diproduksi kembali, cocok saat harga bensin mau naik," kata And** Gi**ing.

"Full tank cukup buat 1 bulan," komentar San**.

"Wuih motor Pak Guru! Jepitan depan buat naruh tas kulit. Sabuk di tengah sadel buat nyelipin sisir rambut besar. Sampai di parkiran sekolah, murid-murid langsung bantu ambil tas. Sedangkan Pak Guru sisiran dulu, padahal rambutnya sudah tipis," kenang D**ang Ju**awan.

"Wow keren, ke Bandung PP cuma butuh empat liter, tapi pelan-pelan," balas So**y K**oru. Itulah tadi iklan motor jadul tahun 1981 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Abizar Nyanyi Lagu dengan Suara Mirip Uje, Umi Pipik Doakan Ini