Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 01 September 2022 | 15:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat memperlihatkan perjuangan keras orang-orang tempo dulu. Sebuah foto lawas mengenai seorang wanita dan kedua anaknya ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan foto jadul yang memperlihatkan gaya sederhana masyarakat tempo lawas. Itu adalah salah arsip online yang tersimpan di Leiden University Libraries.

"Vrouw met twee kinderen, vermoedelijk op Java, circa 1915. (Wanita dengan dua anak, kemungkinan ada di Jawa, sekitar tahun 1915)," bunyi keterangan yang ditulis oleh perpustakaan online Leiden University Libraries.

Laman KITLV Leiden turut menyebutkan bahwa foto diunggah oleh Isken yang berlokasi di "Oemblongan-Soerabaia" atau Surabaya.

Foto memperlihatkan seorang ibu yang membawa tongkat sebagai penyangga. Ia nampak menunduk dan menggendong bocah cilik dengan menggunakan selendang.

Foto jadul wanita dan dua anaknya di tahun 1915. (KITLV Leiden via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Mereka mengenakan jarit batik dan berjalan tanpa alas kaki. Terdapat bocah perempuan lain yang mengumpulkan kayu bakar di bawahnya.

Foto memperlihatkan sebuah latar belakang mirip lukisan. Itu kemungkinan merupakan salah satu karya seni yang menggambarkan kondisi masyarakat tempo dulu.

Foto jadul yang memperlihatkan susahnya kehidupan masyarakat Indonesia pada era 1910 hingga 1950 terekam di KITLV Leiden, Tropenmuseum, dan Nederlands Instituut voor Militaire Historie (NIMH).

Foto jadul wanita dan dua anaknya di tahun 1915. (KITLV Leiden via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Foto lain yang tersimpan di NIMH pernah memperlihatkan gadis cilik dengan pakaian lusuh dan compang-camping.

Bocah tersebut nampak memegang kaleng ransum pemberian tentara dan menatap ke arah kamera. Banyak netizen merasa miris melihat pemandangan tersebut. Unggahan foto jadul itu mendapat beragam komentar dari netizen.

"Susahnya kehidupan orang zaman dulu," kata Kar**di J**g.

Foto bocah berpakaian lusuh di tahun 1947. (Instagram/ potolawasofficial sumber: koleksi Negatieven Mariniersbrigade)

"Mereka adalah orang-orang hebat di zamannya. Karena kesabaran dan perjuangan mereka, kita akhirnya meraih kemerdekaan," pendapat Ha** Dih**jo.

"Saya dulu pernah cukur model anak yang digendong itu, cukur kuncung namanya," kenang T**uh.

"Kehidupan moyang kita begitu keras. Semoga mereka tenang di alam sana," komentar Pe**i H*s. Itulah tadi foto jadul puluhan tahun lalu yang membuat netizen miris, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi