Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 07 September 2022 | 17:35 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pernyataan Kominfo mengenai "hacker jangan menyerang" langsung menjadi perbincangan di media sosial. Netizen mengunggah thread hingga meme untuk menyindir Kominfo.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berpesan ke Bjorka, hacker yang diduga membobol data 1,3 miliar nomor SIM, agar tidak melakukan akses ilegal.

"Kalau bisa (hacker) jangan menyerang. Tiap kali kebocoran data yang dirugikan ya masyarakat, kan itu perbuatan illegal access," ucap Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (5/9/2022) dikutip dari Suara.com.

Akun fanspage @memefess mengunggah ilustrasi yang berisi sindiran terhadap Kominfo. Pada serial animasi Dora the Explorer, kita sering mendengar pernyataan ikonis "Swiper jangan mencuri".

Netizen membuat meme dan mengedit menjadi "Hacker jangan menyerang". Hacker yang diilustrasikan sebagai Swiper lantas tak mau menyerang setelah menilai bahwa pertahanan Kominfo sangat kuat.

Meme Kominfo vs hacker. (Twitter/ memefess)

Tentu itu merupakan sindiran halus dari netizen kepada pernyataan Kominfo. Pengguna Twitter lain dengan akun bernama @gryzein bahkan memberikan kompilasi terkait kata-kata bijak dari Kominfo.

Deretan kata-kata bijak tersebut adalah "Masyarakat harus sering ganti password", "Hacker bukan pahlawan", "Kalau bisa (hacker) jangan menyerang".

Lembaga itu semakin menjadi sorotan setelah hacker bernama Bjorka menanggapi pernyataan Kominfo. "Stop being an idiot (Berhenti menjadi idiot)," kata Bjorka pada forum Breached.to pada 6 September 2022. Meme Kominfo vs hacker yang beredar di media sosial mendapat beragam komentar dari netizen.

Tanggapan Hacker Bjorka ke Kominfo (Twitter/ Geovedi)

"Dikira kita nggak ngerti teknologi apa yak," kata @Su**i5*_.

"Nggak boleh menghujat tapi kok rasannya pengen bilang g*bl*k," balas @tem**ult**men.

Meme Kominfo dari netizen. (Twitter)

"Hmm, gitu aja gajinya gede," cuit @fa**r**za.

Hingga artikel ini dibuat, meme dan pernyataan sindiran terhadap Kominfo masih ramai·beredar di internet.

BACA SELANJUTNYA

Viral Jamaah Wanita Ribut Saat Salat Idul Adha hingga Jambak-jambakan, Diduga Gegara Hal ini