Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 14 September 2022 | 14:54 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat menyimpan nilai sejarah tersendiri bagi generasi setelahnya. Sebuah foto lawas jalan di Surabaya tahun 1940-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan foto hitam putih sebuah jalan di Surabaya, Jawa Timur.

"Jalan Kembang Jepun Surabaya. Daerah perdagangan Jalan Kembang Jepun (dulu bernama HANDELSTRAAT), dulunya merupakan daerah Pecinan di Surabaya," tulis Potret Sejarah Indonesia pada caption.

Akun fanspage tersebut membagikan arsip online yang tersimpan Nederlands Fotomuseum. Kita bisa melihat dua mobil klasik yang melintas pada salah satu jalanan di Surabaya.

Terdapat seorang tukang becak yang mengayuh kendaraan dengan dua penumpang di depannya. Netizen menyoroti momen romantis pasangan yang duduk berdua di becak sembari menyaksikan pemandangan.

Foto jadul jalan di Surabaya tahun 1940-an. (Nederlands Fotomuseum via Facebook/ Potret Sejarah Indonesia)

Dikutip dari bappeko.surabaya.go.id, Kembang Jepun dulunya adalah kawasan bisnis utama dan pusat kota Surabaya. Pada puluhan tahun lalu, Jalan Kembang Jepun dinamakan Handelstraat (handel berarti perdagangan, straat artinya jalan).

Nama tempat ini menjadi terkenal pada zaman kependudukan Jepang. Banyak serdadu Jepang memiliki teman-teman wanita (kembang) di sekitar daerah ini.

Pada era dimana banyak pedagang Tionghoa menjadi bagian dari napas dinamika Kembang Jepun, sebuah Gerbang kawasan yang bernuansa arsitektur Tionghoa pernah dibangun di sini.

Foto jadul jalan di Surabaya tahun 1940-an. (Nederlands Fotomuseum via Facebook/ Potret Sejarah Indonesia)

Banyak fasilitas hiburan didirikan, bahkan ada yang masih bertahan hingga kini, seperti Restoran Kiet Wan Kie. Postingan foto jadul mengenai jalan di Surabaya tahun 1940-an ini mendapat beragam komentar dari netizen.

"Romantis pada masanya, duduk berdua naik becak," kata Ba**mi*i.

"Mobil klasiknya keren-keren," tulis Zar**s*i.

"Wah, jalanan masih lengang," komentar I**sy*h.

"Fotonya indah dipandang, apalagi ada mobil klasik," Go**l. Itulah tadi foto jadul jalanan di Surabaya pada tahun 1940-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Nostalgia Foto Pasangan Favorit Remaja Tahun 1980, Onky Alexander dan Meriam Bellina Bikin Netizen Kesengsem