Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 14 September 2022 | 18:42 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - FIGHT Esports bersama TikTok, Smartfren dan Binus Career Center mengadakan webinar yang bertajuk 'TikTok & Esports Career Talks'. Dalam gelaran ini dibagikan bagiamana tips membangun karir sebagai konten kreator.

Sebagai informasi, TikTok telah menjadi satu media sosial yang populer saat ini. Platform berbagi video tersebut saat ini telah menumbuhkan banyak talenta konten kreator muda di Indonesia.

Webinar bertajuk TikTok & Esports Career Talks yang digelar 24 Agustus 2022 tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu TikTok Gaming Category Manager Ilham Batara Simatupang dan Community Development Manager PT Smartfren Telecom Tbk Fransisca Octavianti.  

Di sesi pertama, pemaparan materi oleh Octavianti Fransisca yang akrab dipanggil Sisca. Selain menjalani pekerjaan sebagai Community Development, Sisca juga merupakan konten kreator dengan lebih dari 100 ribu jumlah pengikut pada akun TikTok-nya.

Berpengalaman memproduksi konten-konten viral, Sisca membagikan jurusnya dalam membuat konten yang menarik. 

Berikut ini tips dan jurus jitu dalam membuat konten sebagai seorang konten kreator:

  1. Gunakan backsound yang sesuai dengan video. Dalam suatu konten video, musik merupakan salah satu komponen penting yang mampu menciptakan suatu latar suasana video tersebut.  
  2. Mengemas pesan yang ingin disampaiakan dalam bentuk cerita. Selain itu, Sisca juga menyampaikan pentingnya memilih judul yang kreatif. Lakukan evaluasi pada judul konten-konten sebelumnya dan lakukan riset untuk melihat judul yang sesuai dengan target audiens. 
  3. Variasikan konten yang akan diunggah. Variasi konten bisa dijadikan salah satu cara efektif untuk membuat audiens anda tidak bosan. Menurut Sisca, jenis konten yang sama setiap saat dapat berpotensi kebosanan untuk audiens. Variasikan konten ke beberapa jenis konten seperti giveaway, tips, maupun update. Selain itu, konten yang bervariasi juga memiliki potensi untuk menjangkau jenis audiens baru yang belum miliki sebelumnya. 
  4. Gunakan hashtag yang sesuai dan unggah konten Anda di prime time.  Setiap akun memiliki prime time-nya masing-masing, lakukan riset pada akun anda untuk mengetahui prime time yang tepat sesuai dengan audiens. 

FIGHT Esports, TikTok Indonesia, dan Smartfren Bagi Tips Karir Kreator Konten. (FIGHT Esports)

Setelah berkecimpung di media sosial, Sisca mengaku telah mendapatkan banyak manfaat yang Ia rasakan. Selain mendapatkan penghasilan tambahan dan ketenaran, Sisca mengatakan bahwa banyak sekali peluang baru yang terbuka akibat media sosialnya.

Sebab, media sosial dapat digunakan sebagai medium personal branding dan portofolio profesional. Sisca telah banyak mendapatkan tawaran pekerjaan karena portofolio yang Ia bangun tersebut. Yang paling membanggakan, Sisca telah diundang ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. 

Sementara itu, pembicara kedua Ilham Batara Simatupang memberikan pengetahuannya sebagai TikTok Gaming Category Manager. Ia memberikan pemahaman mengenai konten esports yang ada di TikTok sebagai platform yang tengah digandrungi masyarakat. 

Ilham menyampaikan bahwa saat ini konten esports di TikTok memiliki peminat yang besar. sebagai bukti, #samasamamain yang merupakan hashtag untuk konten esports telah menyentuh angka 14 miliar views. 

Melalui hashtag tersebut juga, TikTok kini tengah berusaha untuk membangun citra sebagai "New home for gaming and esports."

Menurut Ilham, saat ini mencari ketenaran bisa dilakukan oleh siapa saja. Ilham menuturkan, ada beberapa konten esports yang tengah populer di kalangan masyarakat seperti, tutorial gim, berita dan cuplikan dari turnamen atau pertandingan, epic/funny moments, dan juga informasi tentang gim. Jenis konten tersebut dapat dimaksimalkan momentumnya untuk mendorong popularitas akun media sosial Anda.  

Konten esports di media sosial memiliki segudang potensi untuk dijelajahi. Ilham mengajak para mahasiswa untuk membuat konten yang original secara kreatif. Ia mengingatkan betapa pentingnya untuk membuat konten yang original. Sebab, konten yang terindikasi plagiarisme atau melanggar copyright berpotensi untuk dihapus. 

BACA SELANJUTNYA

Regenerasi Pro Player, ONIC Camp Vol. 2 Siap Digelar