Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 15 September 2022 | 10:14 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Koloni rayap bisa menimbulkan banyak kerugian bagi pemilik rumah. Video mengenai plafon rumah yang ambrol gegara rayap ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @rimabdul_ membagikan momen ketika plafon rumahnya tiba-tiba ambruk. "Thanks to rayap, rumah penuh kenangan masa kecil pun ambrol (emoticon menangis)," tulis @rimabdul_ pada caption.

Postingan video yang dibagikan berhasil viral setelah ditonton lebih dari 2 juta kali dan memperoleh 290 ribu tanda suka. Kita bisa melihat sebuah ruang tamu dengan atap yang mulai retak.

Tak lama kemudian, retakan mulai melebar sehingga beberapa kayu jatuh ke bawah. Seluruh plafon rumah akhirnya terhempas dan hancur berantakan. "Ini kan sarang rayap ma," kata seseorang di dalam video.

Orang itu nampak menunjukkan tumpukan sarang rayap yang begitu besar dan menyebar di sekitar plafon. Akun @rimabdul_ menjelaskan bahwa sosok yang merekam video ini adalah ibunya.

Detik-detik plafon rumah ambrol gegara rayap. (TikTok/ @rimabdul_)

Sang ibu mulai merekam kondisi ruang tamu saat plafon tiba-tiba mengeluarkan bunyi mencurigakan. "Jadi ceritanya kita denger suara kretek-kretek gitu. Terus ibuku merekam, rencananya mau dipamerin ke anak-anak yang ada di luar kota. Ini loh atap ruang tamunya retak. Eh pas kameranya on, tiba-tiba ambrol beneran," kata @rimabdul_.

Sebagai informasi, rayap atau anai-anai memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian.

Dikutip dari Wikipedia, serangga sosial ini membuat sarang dengan menggunakan kombinasi antara lain tanah atau lumpur, kunyahan kayu, air liur dan kotoran mereka sendiri.

Rayap dikenal sebagai hama yang merusak benda-benda di dalam rumah, terutama yang terbuat dari kayu. Serangga itu menyukai tempat yang gelap dan lembap namun tetap memiliki suhu hangat.

Detik-detik plafon rumah ambrol gegara rayap. (TikTok/ @rimabdul_)

Ventilasi atau aliran udara yang baik, suhu dingin AC, hingga cairan anti rayap dapat menangkal pertumbuhan koloni serangga tersebut.

Kayu yang terkena percikan air dan tanah rawan menjadi sarang rayap. Postingan video viral mengenai detik-detik plafon rumah ambrol gegara rayap mendapat beragam komentar dari netizen.

"Untung nggak ada orang di bawahnya (emoticon menangis)," kata @T**s*e.

 

"Takut banget, rumah bapakku juga sama. Bagian penyangga genteng dimakan rayap. Mau direnovasi tapi belum ada dana," komentar @n**aa.

"Sayang banget tuh lampunya," balas @ma**ga*ut.

"Rayap bener-bener parasit nj*r. Loteng rumah gue juga pernah ambruk gegara rayap," ungkap @p**nc*an. Itulah tadi video viral mengenai detik-detik plafon rumah ambrol gegara rayap, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz