Selasa, 23 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 15 September 2022 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah laporan oleh para peneliti di NewsGuard mengatakan bahwa Anda mungkin menuju ke aplikasi video TikTok untuk menikmati video lucu, sinkronisasi bibir, atau klip orang joget.

Tetapi ketika datang untuk mencari pengetahuan yang sah dari video yang direkomendasikan oleh platform pencarian aplikasi, Anda dapat berharap untuk disesatkan oleh hampir 20% dari video yang direkomendasikan.

Setidaknya itulah hasil penelitan, seperti dilansir dari Phone Arena. Sebagai contoh, para peneliti  mencoba mencari hasil yang diterima ketika mereka mencari obat "hydroxychloroquine" di aplikasi TikTok.

Hydroxychloroquineadalah obat serius yang digunakan untuk lupus, malaria, dan rheumatoid arthritis.

Meskipun seharusnya diproduksi di pengaturan laboratorium terkontrol saja, empat dari 20 hasil pencarian pertama adalah untuk video yang mengklaim menunjukkan kepada Anda cara mencampur sekumpulan bahan untuk membuat "hidroksiklorokuin" secara rumahan.

Ilustrasi TikTok. (Unsplash/Kon Karampelas)

19.4% video yang muncul dalam permintaan pencarian TikTok berisi informasi palsu dan menyesatkan, kata laporan baru

Obat ini mematikan jika tidak diminum sesuai resep, namun 20% dari 20 hasil pencarian pertama untuk obat ini adalah bagi mereka yang ingin menyeduh versi obat mereka sendiri.

Dan terlepas dari klaim yang dibuat oleh beberapa orang, "hydroxychloroquine" tidak menyembuhkan COVID.

NewsGuard juga mengatakan bahwa dari 540 hasil pencarian TikTok yang mereka teliti, 105 video berisi klaim palsu atau menyesatkan.

Itu berarti bahwa 19.4% dari video yang direkomendasikan untuk ditonton di TikTok setelah permintaan pencarian menampilkan konten yang salah atau menyesatkan.

50% dari video yang dipertontonkan TikTok saat mencari vaksin mRNA mengandung pernyataan palsu dan menyesatkan.

Misalnya, saat menelusuri "perubahan iklim", TikTok merekomendasikan agar pengguna menelusuri "perubahan iklim yang dibantah" dan "perubahan iklim tidak ada."

BACA SELANJUTNYA

TikTok TV Hadir ke Indonesia, Puas Nonton di Layar Besar