Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 20 September 2022 | 15:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Seekor kelinci unik dan langka yang ditemukan oleh seorang cowok di hutan ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun @andre.situpai membagikan video saat dirinya menjumpai hewan yang cukup sulit ditemukan di dalam hutan.

Hewan tersebut diduga merupakan seekor kelinci Sumatera (Nesolagus netscheri). Kelinci itu nampak menghindari cahaya dan mulai menjauh ketika seseorang mendekatinya.

Ia memiliki tubuh cukup gempal dan menggemaskan. Badannya mempunyai pola belang yang cukup indah. Akun milik Andre Prasta Angga (@andre.situpai) meyakini bahwa itu adalah kelinci Sumatera.

Pola bulunya mirip seperti kelinci Sumatera yang ditemukan oleh tim belukar Pokdarwis Tangaya Saniangbaka.

Penampakan kelinci unik diduga sebagai kelinci Sumatera. (TikTok/ @andre.situpai)

Pada laporan terpisah, pendokumentasian kelinci Sumatera sempat viral di YouTube sebelum hewan akhirnya diserahkan ke BKSDA resort Solok. Hewan unik yang direkam oleh akun @andre.situpai diduga kuat adalah kelinci Sumatera.

Tentang Kelinci Sumatera

Nesolagus netscheri atau kelinci Sumatera merupakan spesies yang jarang terlihat dan dianggap tidak biasa di habitatnya. Ukuran populasinya tidak diketahui, namun IUCN Redlist memasukkan kelinci Sumatera sebagai spesies Rentan.

Itu adalah klasifikasi spesies yang akan menjadi spesies Terancam Punah kecuali jika penanganan keselamatan dan reproduksinya baik.

Penampakan kelinci Sumatera. (ksdae.menlhk.go.id)

Dikutip dari Wikipedia bersumber pada buku berjudul Walker's Mammals of the World, para ahli dari Zoological Society of London, menganggap kelinci Sumatera adalah salah satu dari 100 spesies mamalia yang berisiko besar mengalami kepunahan.

Spesies ini merupakan hewan endemik yang berasal di Bukit Barisan, Sumatera. Mereka hidup di hutan pada ketinggian 600–1600 meter di atas permukaan laut. Kelinci Sumatera juga lebih suka hidup lebih spesifik di hutan pegunungan dengan tanah vulkanik.

Mereka memiliki garis-garis hitam atau cokelat tua dengan latar belakang abu-abu kekuningan. Warna abu-abu menjadi cokelat lebih tua di bagian pantat.

Postingan video mengenai penampakan hewan yang diduga sebagai kelinci Sumatera itu berhasil viral setelah ditonton lebih dari 2,2 juta kali dan memperoleh 175 ribu tanda suka.

Penampakan kelinci unik diduga sebagai kelinci Sumatera. (TikTok/ @andre.situpai)

Tak sedikit netizen yang mengaku bahwa mereka baru pertama kali melihat kelinci unik semacam ini. Unggahan video viral tersebut mendapat beragam komentar dari netizen.

"Dia mau kasih tahu ke dunia kalau dia masih ada dan butuh perlindungan," kata @sp**kf**aya.

"Umur 30 tahun baru tahu kalau Indonesia punya kelinci asli Indonesia," balas @Ai**rop**git.

"Peneliti butuh berbulan-bulan nemuiin ini kelinci elu ketemu nggak sengaja. Hoki banget elu bro," ucap @pu**am*w.

"Lucu dan gemoy banget. Tapi sepertinya dia takut sama manusia," komentar @pu**ip**pti.

"Seumur hidup baru pertama kali lihat ini," tulis @re**lu**oner. Postingan video viral mengenai penampakan kelinci langka yang menarik perhatian netizen bisa dilihat melalui LINK INI.

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz