Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 26 September 2022 | 15:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sejak zaman dulu kala, ternyata banyak mobil langka dan mewah bertebaran di jalanan Indonesia. Hal ini tertangkap kamera dalam beberapa postingan foto jadul yang viral di media sosial.

Sejak zaman Hindia-Belanda, sudah ada berbagai mobil melaju di jalanan nusantara. Beberapa foto jadul yang dibagikan di media sosial telah mengungkap hal tersebut.

Sedangkan di masa kemerdekaan, tak sedikit juga warga Indonesia yang sudah memiliki mobil langka dan eksotis pada masanya.

Dari Lamborghini, Jaguar, Chevrolet, Cadillac, tidak ketinggalan Mercedes Benz sudah mewarnai jalanan Indonesia. Semuanya terekam dalam foto jadul yang viral di media sosial.

Belum lagi mobil-mobil yang beredar di masa Orde Baru seperti Volkswagen sempat jadi kendaraan dinas pegawai pemerintahan saat itu.

Lebih lengkapnya lagi, berikut ini tim HiTekno.com rangkum beberapa foto jadul dengan penampakan mobil langka di Indonesia yang viral di media sosial.

1. Mobil Eropa di Jalanan Kuningan Tahun 190

Foto jadul mobil Eropa di jalanan Kuningan tahun 1900. (instagram/perfectlifeid)

Nampak dalam foto jadul yang diunggah ini, sebuah keluarga Eropa sedang berhenti di jalanan Kuningan dan berpose bersama mobil Eropa berwarna hitam yang diparkir di samping ketiganya.

Mobil jadul ini nampak begitu mengkilap dan tren di masanya. Setelah unggahan ini menjadi viral di media sosial, berbagai komentar lalu ditinggalkan oleh netizen yang penasaran mengenai cara pemilik mengisi bensin mobil tersebut.

Baca selengkapnya DI SINI.

2. Foto Ayah dan Anak Tahun 1931 Ini, Mobil Mewah di Garasi Rumah Bikin Netizen Salfok

Foto jadul ayah dan anak tahun 1931. (instagram/nederlandsch_indie_zone)

Foto jadul ayah dan anak ini diunggah oleh akun @nederlandsch_indie_zone dan menjadi viral di Instagram pada Minggu (12/6/2022). Caption unggahan menyebut jika foto ini diambil pada tahun 1931 lalu.

"Dr R.A.M Bergman bersama anak dan mobilnya di garasi sekitar 1931" tulis caption unggahan tersebut.

Pada foto jadul ini terlihat seorang ayah sedang berfoto bersama anaknya di halaman rumah tersebut. Kental dengan kesan jadul, mobil mewah yang diparkir di garasi rumah ini langsung menjadi sorotan netizen usai foto jadul ini viral di Instagram.

Baca selengkapnya DI SINI.

3. Pengendara Mobil di Foto Tahun 1945 Ini

Foto pengendara mobil tahun 1945. (instagram/potolawas)

Menurut keterangan unggahan @potolawas, foto jadul proses penggeledahan pasukan Inggris ini diambil pada tahun 1945 lalu di wilayah Jakarta.

"Pasukan Inggris melakukan penggeledahan atas warga Indonesia dan kendaraannya yang akan memasuki wilayah Jakarta sekitar tahun 1945" tulis caption unggahan.

Dalam foto jadul tersebut terlihat seorang petugas Inggris menghentikan mobil seorang warga Indonesia yang hendak masuk ke wilayah Jakarta. Diduga kuat petugas ini memeriksa surat-surat milik pengendara tersebut.

Baca selengkapnya DI SINI.

4. Foto Keluarga di Depan Mobil Mewah 1960-an

Foto jadul keluarga yang berpose di depan mobil Jaguar XKE ini bikin netizen salfok. (Facebook/ Orlando Jr Adam via Indonesia Tempoe Doeloe)

"Sebuah keluarga berpose di samping mobil Jaguar XKE 1966," tulis caption-nya.

Penampilan mobil ini cukup mirip dengan mobil Jaguar XKE 1966 yang pernah dilelang melalui situs Classicshowcase. Meski begitu, mobil hanya memiliki model mirip dan tak berkaitan. Situs itu tak membeberkan berapa harga jualnya.

Baca selengkapnya DI SINI.

5. Foto Jadul Para Bocah di Tahun 1960-an

Foto jadul para bocah di atas mobil Opel pada tahun 1968. (Facebook/ Alki Kiraamim via INDONESIA TEMPOE DOELOE)

Kita bisa menyaksikan belasan anak yang duduk di atas kap mesin dan atap mobil. Mereka nampak bangga saat berfoto di dekat mobil tersebut. Banyak netizen yang mengenang bahwa masyarakat tempo dulu memiliki banyak anak.

Ini membuat momen kumpul keluarga menjadi sangat ramai. Tak sedikit netizen yang memuji ketangguhan mobil jadul tersebut. Meski diduduki belasan anak, mobil nampak masih sangat kokoh.

Alki Kiraamim menjelaskan bahwa mobil di dalam foto merupakan Opel Rekord keluaran 1962. Dikutip dari Wikipedia, Opel Rekord merupakan seri mobil keluarga berukuran besar yang dibangun oleh pabrikan asal Jerman, Opel.

Baca selengkapnya DI SINI.

6. Foto Keluarga di Surabaya Tahun 1961

Foto keluarga di Surabaya tahun 1961. (instagram/perfectlifeid)

Sebuah foto jadul keluarga di Surabaya belum lama ini menjadi sorotan netizen kekinian. Bikin salah fokus, netizen ramai menyoroti rumah dan mobil jadul yang muncul di foto jadul tersebut.

Berdasarkan caption unggahan, foto keluarga ini diambil pada tahun 1961 lalu di Jalan Flores, Surabaya. Terlihat dalam foto, sepasang suami istri sedang berpose di depan rumah yang cukup mewah di zamannya.

Baca selengkapnya DI SINI.

7. Mobil di Foto Tahun 1935 Ini Jadi Sorotan

Mobil di foto tahun 1935. (instagram/asevw)

Unggahan foto seorang wanita di Bandung tahun 1935 ini diunggah oleh akun Instagram @asevw pada Rabu (17/11/2021) lalu. Menuai berbagai reaksi, unggahan ini langsung viral di media sosial dalam waktu singkat.

Terlihat dari foto unggahan @asevw ini, seorang wanita dengan dress berwarna orange sedang asyik berfoto di samping sebuah mobil klasik Cadillac berwarna hitam yang diparkir di halaman rumah tersebut.

"Seorang wanita yang berdiri di samping mobilnya dengan nomor plat F 1877 di Bandung sekitar tahun 1935. Bisa jadi ini orang Bogor yang lagi main ke Bandung pakai mobil Cadillac" tulis caption unggahan @asevw.

Baca selengkapnya DI SINI.

8. Gaya Pria Jakarta dengan Mobil Lamborghini Tahun 1974

Gaya pria asal Jakarta dengan mobil Lamborghini tahun 1974. (instagram/perfectlifeid)

Foto jadul pria asal Jakarta dengan mobil Lamborghini miliknya ini diunggah pertama kali oleh akun @perfectlifeid dan menjadi viral di Instagram pada Jumat (8/10/2021). Menurut caption unggahan, foto jadul ini diambil pada tahun 1974 lalu.

"Potret nostalgia seorang pria berpose dengan Supercar Lamborghini Espada tahun 1974" tulis caption unggahan @perfectlifeid.

Nampak dalam foto yang diunggah, seorang pria dengan tampilan necis khas zamannya sedang berpose bersama dengan sebuah mobil Lamborghini berwarna putih yang diparkir di sampingnya.

Baca selengkapnya DI SINI.

9. Foto Keluarga Tahun 1960-an

Foto keluarga dengan mobil keren pada 1960-an menarik perhatian netizen. (Instagram/ perfectlifeid)

Akun fanspage Instagram @perfectlifeid membagikan potret lawas mengenai sebuah keluarga saat berfoto di depan mobil buatan Amerika Serikat. Pintu mobil sedikit terbuka sehingga interior apik di dalamnya dapat terlihat.

"Potret nostalgia, sebuah keluarga di Bali berpose dengan latar mobil Impala di tahun 1968," tulis @perfectlifeid pada keterangannya. Kita bisa melihat dua perempuan yang memakai kebaya di dekat anak-anak.

Netizen turut menyoroti keberadaan mobil Chevrolet Impala di belakang keluarga itu. Harga puluhan tahun lalu terhitung mahal, begitu pula sekarang. Mobil tersebut memiliki mesin berkualitas dan penampilan mewah.

Baca selengkapnya Di SINI.

10. Foto Mobil Mewah Jadi Angkot 1970-an

Foto mobil mewah yang jadi opelet di tahun 1978. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Merek mobil asal AS pernah menjadi angkutan umum populer di beberapa wilayah Indonesia. Sebuah foto jadul mengenai mobil mewah yang jadi angkot di tahun 1970-an berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan foto yang pernah dimuat oleh surat kabar di tahun 1978. Terdapat beberapa mobil yang dimodifikasi menjadi angkutan umum pada foto tersebut.

"Mobil kelas atas kini jadi opelet. Dahulu Chrysler Windsor 1952 ini dengan mesin side valve adalah mobil AS kelas atas yang pernah masuk di sini, sekarang jadi opelet. Mobil opelet yang berasal dari mobil-mobil tua Amerika berada di terminal opelet Sukabumi, Jawa Barat," bunyi keterangan di dalam foto jadul.

Chrysler Windsor merupakan merek mobil ukuran penuh yang dibuat oleh Chrysler dari tahun 1939 hingga 1960-an. Interior, fitur, dan desain bodi bagian depan didesain lebih mewah dibanding mobil standar pada zamannya.

Baca selengkapnya DI SINI.

11. Mobil di Pekan Raya Jakarta Tahun 1979 Ini

Foto jadul Pekan Raya Jakarta tahun 1979. (instagram/perfectlifeid)

Baru-baru ini netizen dibuat nostalgia dengan foto Pekan Raya Jakarta pada tahun 1979 lalu. Uniknya, di foto jadul ini, netizen salah fokus dengan sebuah mobil futuristik yang dipamerkan di gelaran tersebut.

Menurut caption unggahan, foto jadul ini diambil dalam gelaran Pekan Raya Jakarta yang diadakan di Jakarta pada tahun 1979 lalu. Nampak dalam foto tersebut, sebuah mobil futuristik yang berasal dari Jerman sedang dipamerkan.

"Mercedes-Benz C111-III pada pameran industri dari Jerman Barat 'Indogerma' di Pekan Raya Jakarta, Jakarta 1979. Mobil dengan mesin diesel ini memecahkan berbagai macam rekor dunia" tulis caption unggahan @perfectlifeid.

Baca selengkapnya DI SINI.

12. Rumah dan Mobil di Foto Keluarga Tahun 1970

Foto keluarga di Bandung tahun 1970. (instagram/perfectlifeid)

Foto sebuah keluarga yang diambil di Bandung pada tahun 1970 lalu mencuri perhatian netizen Instagram. Menariknya, netizen rupanya dibuat salah fokus dengan rumah mewah beserta mobil hitam yang diparkir di halaman rumah tersebut.

"Potret keluarga berpose dengan Nissan 240Z di Bandung, pertengahan tahun 1970-an" tulis caption unggahan tersebut.

Dalam foto yang diunggah nampak sebuah keluarga yang adalah bapak, ibu dan anak perempuan sedang berfoto di depan rumahnya. Tepat di samping ketiganya, terlihat mobil berwarna hitam yang langsung menjadi sorotan netizen.

Baca selengkapnya DI SINI.

13. Foto Soeharto Serahkan Mobil Patroli 1970-an

Momen Soeharto saat memeriksa dan menyerahkan mobil patroli VW kepada Kapolri. (Facebook Perpustakaan Nasional)

Mobil buatan Eropa pernah menguasai Indonesia pada puluhan tahun lalu. Sebuah foto jadul mengenai Soeharto saat menyerahkan mobil patroli kepada Kapolri ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan foto Presiden kedua Indonesia ketika memeriksa salah satu mobil VW. Soeharto nampak serius memeriksa bagian dalam mobil sedan Volkswagen atau VW tersebut.

Perlu diketahui, mobil VW kodok dan VW camat pernah populer pada puluhan tahun lalu. VW Safari atau VW camat pernah menjadi salah satu "kendaraan legend" di Tanah Air.

Baca selengkapnya DI SINI.

14. Mobil Mewah Impala Tahun 1980

Mobil mewah Impala tahun 1980. (instagram/perfectlifeid)

Foto jadul yang diambil tahun 1980 menjadi perbincangan netizen usai diunggah beberapa waktu yang lalu. Dalam foto tersebut nampak mobil mewah Impala yang digunakan untuk membawa sesajen.

Berdasarkan keterangan unggahan tersebut, foto jadul ini diambil pada tahun 1980. Nampak lalu sebuah mobil mewah Impala yang diparkir di jalanan tersebut.

Sejumlah orang lalu nampak masuk ke dalam mobil klasik dari Chevrolet ini untuk kemudian mengantarkan sesajen dari kota tersebut menuju kota tujuan nantinya.

Baca selengkapnya DI SINI.

Itulah kumpulan empat belas foto jadul dengan mobil langka di Indonesia yang sempat viral di media sosial belum lama ini.

BACA SELANJUTNYA

Lesti Kejora Unggah Fotonya saat Masih Bayi, Kemiripan dengan Baby L Bikin Netizen Terperangah