Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 27 September 2022 | 15:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak netizen yang mengeluhkan dan mengklaim bahwa Pertalite kini lebih boros. Salah seorang netizen Facebook di Grup Motuba membagikan foto mengenai perbandingan Pertalite lawas dan baru.

Kita bisa melihat dua botol yang berisi Pertalite. Botol sebelah kiri nampak lebih pekat dibanding cairan pada botol sebelah kanan.

"Perbandingan Pertalite yang dalam dan baru. Pantas boros banget," klaim pengguna Facebook bernama Dh*nj**n. Postingan berhasil viral setelah dibagikan lebih dari 140 kali dan memperoleh 1.600 tanda suka. Ratusan netizen auto riuh di kolom komentar.

Tak hanya pada Grup Motuba, beberapa netizen turut mengeluhkan bahwa Pertalite makin boros setelah harga dinaikkan. Tak sedikit netizen yang menyoroti perbedaan warna pada Pertalite saat ini.

Netizen menuduh terdapat penurunan kualitas pada Pertalite.  "Makin mahal kirain kualitasnya menaik, ini malah menurun," kata D**i Ma**ana pada salah satu forum Facebook.

Netizen bandingkan Pertalite lawas dan Pertalite yang baru. (Facebook D**nj**n via Grup Motuba)

Tanggapan Pertamina Atas Sorotan Terhadap Kualitas Pertalite

Perwakilan Pertamina mengungkap bahwa tidak ada perubahan kualitas pada Pertalite. Perusahaan turut menegaskan bahwa kualitas bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite (RON 90) tidak berubah dan masih dalam batasan yang diizinkan.

“Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal),” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dikutip dari situs resmi perusahaan.

Mereka menjamin seluruh produk BBM yang disalurkan melalui lembaga penyalur resmi seperti SPBU dan Pertashop sesuai dengan spesifikasi dan melalui pengawasan kualitas yang ketat.

Sedangkan produk BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan tidak akan disalurkan ke masyarakat.

Pertamina mengimbau masyarakat mengisi BBM sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam buku panduan kendaraan bermotor karena pabrikan telah menyesuaikan bahan bakar yang cocok sesuai jenis kendaraan.

Netizen bandingkan Pertalite lawas dan Pertalite yang baru. (Facebook D**nj**n via Grup Motuba)

"Sebaiknya pengendara selalu konsisten dalam memilih bahan bakar yang berkualitas, agar mesin kendaraan selalu awet dan terawat. Lebih aman menggunakan bahan bakar berkualitas dengan oktan/cetane yang direkomendasikan oleh pabrikan, agar mesin dapat bekerja secara maksimal,” kata Irto menambahkan.

Postingan viral mengenai perbandingan Pertalite lawas dan baru yang dibagikan netizen mendapat beragam komentar di media sosial.

"Emang bener mbah, dari warnanya sudah beda, dan sedikit merasa lebih boros," tulis D**i Ma**ana.

"Saya kurir, tiap full tank rata-rata terpakai tiga hari. Dan sampai sekarang masih terpakai tiga kalau full tank. Tidak ada indikasi keborosan, kecuali biasa full tank Rp 27 ribu, sekarang Rp 35 ribu," komentar Wah** Ha**ayani.

"Warna Pertalite ibarat es teh. Esnya banyak tapi gulanya sedikit," ungkap Pra**t*a.

"Allhamdulilah saya pindah ke Viv* tarikan enteng dan irit," pendapat Al**n. Itulah tadi postingan viral mengenai foto Pertalite lawas dan baru dari netizen serta tanggapan Pertamina atas kualitas Pertalite, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

iPhone 15 dan iPhone 15 Pro Bawa Warna Baru, Lebih Futuristik?