Selasa, 23 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 29 September 2022 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Google mencoba bikin gebrakan terkait situs pencarian (search engine).  Dilansir dari The Verge, kini Google mencari cara untuk bersaing di dunia di mana media sosial TikTok dan Instagram mengubah cara kerja search engine di internet.

Google sekarang ada di internet yang lebih visual dan lebih interaktif, di mana pengguna ingin dikejutkan dan ketagihan untuk cari jawaban atas pertanyaan mereka.

Google mencoba berubah tampilan yang mungkin tidak sepenuhnya berbeda, tetapi perubahannya sudah dimulai.

Pada acara Search On tahunannya hari ini, Google memamerkan banyak cara baru bagi orang-orang untuk mencari di internet.

Kebanyakan dari mereka melanjutkan tren beberapa tahun terakhir Google: mencoba menemukan cara yang lebih alami dan lebih visual bagi orang-orang untuk memasukkan pencarian dan mendapatkan hasil.

Anda sekarang dapat mengajukan pertanyaan kepada Google dengan mengambil gambar atau mengoceh ke mikrofon ponsel Anda daripada mencoba mengetikkan kumpulan kata kunci yang sempurna ke dalam bilah pencarian.

Dan Google sedang mencari lebih banyak cara untuk menyajikan informasi yang mungkin Anda pedulikan tanpa Anda harus bertanya.

Ini adalah eksperimen pemikiran yang menarik, apakah mereka menocba membuat padanan fitur 'For You" dari TikTok?

Tidak tahu persis, tetapi mereka sedang mengerjakannya. Dan setidaknya sejauh ini, sepertinya jawabannya akan mulai muncul di beranda aplikasi iOS Google.

Di situlah banyak fitur baru Google memulai dan di mana banyak pelanggan sudah berinteraksi dengan Google dengan cara baru.

Dalam wawancara menjelang acara tersebut, eksekutif Google mengatakan berulang kali bahwa pencarian sedang mengalami 'penemuan kembali' secara total.

Ilustrasi Google. (pixabay/digitalfpade)

"Kira-kira aturan mainnya adalah, 'Manusia yang terhormat, jika Anda mengikuti aturan dan membuat skrip pertanyaan Anda dengan benar, kami akan memberi Anda jawaban luar biasa untuk kebutuhan Anda,'" kata Prabhakar Raghavan, SVP Google yang bertanggung jawab atas pencarian.

"Namun berkat kemajuan luar biasa, dan terus terang belum pernah terjadi sebelumnya, dalam AI dan pembelajaran mesin serta visi komputer, tabelnya berubah sekarang."

Kemajuan dalam AI dan visi komputer itulah yang mendukung Google Lens dan fitur Multisearch baru yang dengannya Anda dapat mencari dengan gambar dan kemudian memodifikasinya dengan teks.

Yang mendasari pengumuman tersebut, ada perubahan besar yang terjadi di dalam mesin pencari Google.

Aturan permainan yang dijelaskan Raghavan selalu mengandalkan gagasan bahwa ada satu jawaban yang benar di luar sana di suatu tempat dan yang harus Anda lakukan untuk mendapatkannya hanyalah mengajukan pertanyaan yang tepat kepada Google.

Namun semakin banyak, Google merangkul gagasan bahwa pencarian bukanlah sistem tanya jawab. Ini adalah sistem untuk eksplorasi, untuk penemuan, untuk mencoba mempelajari hal-hal yang tidak ada jawaban yang jelas.

BACA SELANJUTNYA

Google Resmi Ganti Bard Menjadi Gemini, Ini Tujuannya