Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 02 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - E-commerce tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun apa itu E-commerce dan penjelasnnya? E-commerce dikenal sebagai perdagangan elektronik atau perdagangan internet, mengacu pada pembelian dan penjualan barang atau jasa menggunakan internet, transfer uang dan data untuk melakukan transaksi ini.

E-commerce biasanya digunakan untuk merujuk pada penjualan produk fisik secara online, tetapi juga dapat menggambarkan segala jenis transaksi komersial yang difasilitasi melalui internet.

Berbeda dengan e-bisnis yang mengacu pada semua aspek operasi bisnis online, e-commerce mengacu secara khusus pada transaksi barang dan jasa.

Berikut ini penjelasan apa itu E-commerce dari sejarah hingga jenis-jenis dan cara kerjanya yang dirangkum tim HiTekno.com untuk kamu.

Sejarah E-commerce

Sejarah e-commerce dimulai dengan penjualan online pertama pada 11 Agustus 1994, seorang pria menjual CD dari band Sting kepada temannya melalui situs webnya NetMarket, sebuah platform ritel Amerika. Ini adalah contoh pertama konsumen membeli produk dari bisnis melalui World Wide Web atau “e-commerce” seperti yang biasa kita kenal sekarang.

Sejak itu, e-commerce telah berkembang untuk membuat produk lebih mudah ditemukan dan dibeli melalui pengecer online dan pasar. Pekerja lepas independen, usaha kecil, dan perusahaan besar semuanya mendapat manfaat dari e-commerce, yang memungkinkan mereka untuk menjual barang dan jasa dalam skala yang tidak mungkin dilakukan dengan ritel offline.

Sejarah E-commerce terus berlanjut. Dan kini penjualan e-commerce ritel global diproyeksikan mencapai $27 triliun pada tahun 2020.

Ilustrasi Toko Online. (Pixabay/JurnalMin)

Contoh E-commerce

E-commerce dapat mengambil berbagai bentuk yang melibatkan hubungan transaksional yang berbeda antara bisnis dan konsumen, serta berbagai objek yang dipertukarkan sebagai bagian dari transaksi ini.

  1. Ritel
    Penjualan produk oleh perusahaan langsung ke pelanggan tanpa perantara.
  2.  Grosir
    Penjualan produk dalam jumlah besar, seringkali ke pengecer yang kemudian menjualnya langsung ke konsumen.
  3. Dropship
    Penjualan produk, yang diproduksi dan dikirim ke konsumen oleh pihak ketiga.
  4. Pre Order
    Pengumpulan dana dari konsumen sebelum produk tersedia untuk meningkatkan modal awal yang diperlukan untuk membawanya ke pasar.
  5. Berlangganan
    Pembelian berulang secara otomatis dari suatu produk atau layanan secara teratur sampai pelanggan memilih untuk membatalkan.
  6. Produk fisik
    Setiap produk barang berwujud yang membutuhkan persediaan untuk diisi ulang dan pesanan untuk dikirim secara fisik ke pelanggan saat penjualan dilakukan.
  7. Produk digital
    Barang digital, template, kursus, atau media yang dapat diunduh yang harus dibeli untuk dikonsumsi atau dilisensikan untuk digunakan.
  8. Layanan
    Keterampilan yang diberikan sebagai imbalan atas kompensasi. Waktu penyedia layanan dapat dibeli dengan biaya yang sudah ditentu.

Cara Kerja E-commerce

Cara Kerja E-commerce didukung oleh internet. Pelanggan mengakses toko online untuk menelusuri dan memesan produk atau layanan melalui smartphone atau PC. Saat pesanan dilakukan, browser web pelanggan akan berkomunikasi bolak-balik dengan server yang menghosting situs web e-commerce.

Data pesanan akan diteruskan ke komputer pusat yang dikenal sebagai manajer pesanan. Ini kemudian akan diteruskan ke database yang mengelola tingkat persediaan; sistem pedagang yang mengelola informasi pembayaran, menggunakan aplikasi seperti PayPal dan alat pembayaran online lainnya.

Lalu berputar kembali ke manajer pesanan. Hal ini untuk memastikan bahwa persediaan toko dan dana pelanggan cukup untuk pesanan diproses. Setelah pesanan dikonfirmasi, manajer pesanan akan memberi tahu server web toko. Ini akan menampilkan pesan yang memberitahukan pelanggan bahwa pesanan mereka telah berhasil diproses.

Manajer pesanan kemudian akan mengirim data pesanan ke gudang atau departemen, memberi tahu bahwa produk atau layanan dapat dikirim ke pelanggan.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu e-commerce. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

JD.ID Resmi Tutup Sebentar Lagi, Ini Cara Penarikan Saldo JDBalance