Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 06 Oktober 2022 | 13:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Alibaba Cloud bersama JP Games mengumumkan peluncuran serangkaian layanan baru yang merek kembangkan. Yakni yalanan yang berguna dalam menciptakan ruang virtual dan avatar realistis bagi pelanggan global dalam menjelajah ke ruang metaverse.

Kolaborasi dalam ruang metaverse dengan JP Games ini resmi diumumkan pada Alibaba Cloud Summit 2022 di bulan September.

Layanan ini mencakup pembuatan otomatis ruang virtual 3D dengan visual yang memukau, grafik berkualitas tinggi dari foto lanskap 2D, serta pembuatan avatar pengguna secara otomatis hanya dengan pengambilan gambar selfie.

Avatar dapat dengan mudah dipersonalisasi melalui penampilan dan pakaian yang disesuaikan yang membuatnya unik dan mudah diingat.

Layanan tambahan juga mencakup pengembangan fitur komunikasi yang menarik dan interaktif, termasuk obrolan teks dan suara antar avatar, serta layanan rendering cloud jarak jauh, yang memungkinkan pengguna menjelajahi metaverse secara mudah dengan menggunakan browser seperti Chrome tanpa perlu mengunduh aplikasi.

Pembuatan otomatis ruang virtual 3D dengan grafik berkualitas tinggi dari foto lanskap menggunakan Teknologi RIV JP Games. (Alibaba Cloud)

"Seiring dengan berkembangnya metaverse dan kegembiraan atas peluang yang dihadirkannya, kami sangat bersemangat untuk meluncurkan alat dan layanan baru ini bersama dengan mitra kami, JP Games. Kami yakin layanan ini akan membantu mempercepat langkah para pelanggan global dalam menjelajahi metaverse dengan berbagai inovasi baru," kata Unique Song, Country Manager of Japan, Alibaba Cloud Intelligence.

"Mulai dari membangun ruang virtual 3D hingga membuat avatar cerdas dan memfasilitasi pengembangan komunitas metaverse, kami berharap penawaran kami yang didukung oleh cloud inovatif dan teknologi AI milik Alibaba Cloud dapat menghadirkan peluang pertumbuhan baru bagi bisnis di berbagai industri, mulai dari ritel, hotel, pariwisata, hiburan, dan game, di saat mereka berusaha berinovasi dan berkembang sambil menavigasi pasar metaverse yang sedang booming saat ini," lanjutnya.

Hajime Tabata, CEO of JP GAMES Co., Ltd., mengatakan , "Melalui layanan baru ini, JP GAMES menggunakan 'RIV Technology',sebuah fitur dari framework metaverse kami, 'Pegasus World Kit'. Kali ini, dengan infrastruktur global dari Alibaba Cloud yang sangat dapat diskalakan dan algoritme AI multimodal yang canggih  untuk pemrosesan visual, ucapan, dan bahasa alami, sekarang kami dapat menawarkan 'RIV Technology' sebagai layanan yang lebih kuat. Kami berharap perusahaan sekarang dapat lebih efektif memanfaatkan 'Pegasus World Kit' dan 'RIV Technology' yang didukung oleh Alibaba Cloud."

Konstruksi ruang metaverse dan pembuatan avatar melalui layanan bersama Alibaba Cloud dan JP Games. (Alibaba Cloud)

Alibaba Cloud telah menawarkan dukungan teknologi yang komprehensif - mulai dari komputasi, AI dan analitik digital, pemodelan 3D, renderingjarak jauh, AR/VR hingga asisten virtual - hingga pelanggan yang mencari peluang terkait metaverse.

Selain itu, perusahaan telah melakukan open source untuk OpenKruise Game, kerangka kerja jaringan game yang mendukung pengembang global dengan solusi cloud-native untuk game.

JP GAMES adalah studio pengembangan game yang didirikan oleh Hajime Tabata, direktur FINAL FANTASY XV. Pada Juni 2021, perusahaan mendistribusikan game Paralimpiade resmi pertama di dunia "The Pegasus Dream Tour" dan menyediakan kota virtual online "Pegasus City" di mana "avatar" pengguna di ruang virtual dapat merasakan Paralimpiade.

Dapatkan informasi menarik lainnya melalui Facebook HiTekno.com dalam LINK INI.

BACA SELANJUTNYA

Dukung Ekonomi Digital, Alibaba Cloud Terus Berinvestasi di Indonesia