Senin, 06 Februari 2023
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 12 Oktober 2022 | 17:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ramai isu kesehatan mental, warganet pun berbondong-bondong untuk mencari alat ukur yang bisa dipakai, salah satunya melalui kalklulator kesehatan mental.

Dilansir dari Suara.com, alat penghitung cek kesehatan mental ini sangat ramai dikunjungi hingga viral di media sosial, utamanya saat peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia, 10 Oktober kemarin. Cara kerja sangat mudah, kalian cukup menjawab beberapa pertanyaan di situs tersebut.

Hal ini menjadi indikator bagaimana masyarakat mulai melek akan kesehatan mental. Jika dulu orang yang memiliki riwayat penyakit mental selalu dikucilkan, maka kali ini dunia sedang menyerukan hal sebaliknya.

Orang yang sedang tak baik-baik saja kesehatan mentalnya harus dirangkul, dibantu agar tak berlarut-larut. Istilah kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik mulai ramai digaungkan.

Salah satu situs online menyediakan kalkulator kesehatan mental dengan cara menanyakan beberapa poin yang berkaitan erat dengan kesehatan jiwa pengaksesnya. Jawaban pertanyaan itu kemudian dinilai dan diberi angka untuk penilaian tingkat kesehatan mental.

Link Kalkulator Kesehatan Mental

Jika kalian berminat mengetahui kadar kesehatan mental masing-masing maka caranya sederhana saja, cukup akses situs Lalui Bersama dengan alamat link: laluibersama.com/scale-test. Selanjutnya kalian bisa mengikuti langkah di bawah ini.

  • Menjawab 21 pertanyaan dengan jujur, sesuai dengan perasaan saat itu.
  • Setelah selesai menjawab pertanyaan, klik 'Periksa'.
  • Tunggu beberapa saat maka akan muncul angka di layar, yang mengacu pada tingkat kesehatan mental kalian.
  • Setiap angka yang muncul akan diiringi dengan anjuran-anjuran sesuai dengan tingkat kesehatan mental masing-masing.
  • Pada tingkat yang paling tinggi, jika hasil menunjukkan kalian sedang depresi, stres atau cemas maka sangat dianjurkan untuk mencari bantuan ke tenaga kesehatan.

Perlu dingat, pergi ke tenaga kesehatan profesional kini bukan hal yang tabu. Jangan ragu atau malu untuk berkonsultasi atau mendapat perawatan karena kesehatan mentalmu lebih penting dari stigma di masyarakat.

Lagi pula, seiring dengan perkembangan zaman, pola pikir masyarakat juga perlahan mulai terbuka untuk hal-hal yang dulu kerap dinilai memalukan atau aib.

BPJS Kesehatan juga kini mulai berbenah dengan memasukkan pengobatan kesehatan mental dalam program mereka, jadi jangan lagi berpikir dua kali untuk mendapat perawatan kesehatan mental ya!

Itulah link kalkulator kesehatan mental yang sempat viral di Hari Kesehatan Mental Sedunia. Selamat mencoba!

 

Suara.com/Rima Suliastin

BACA SELANJUTNYA

TikTok dan Instagram Dituduh Telah Merusak Mental Generasi Muda