Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 13 Oktober 2022 | 13:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beberapa waktu yang lalu, publik sempat dibuat heboh dengan isu oktan Pertalite yang disebut-sebut kurang dari yang seharusnya.

Isu ini merebak setelah viralnya unggahan yang memperlihatkan tes kadar oktan yang dilakukan warganet.

Alat tersebut menunjukkan bahwa oktan bensin murah berwarna hijau ini di angka 86, alih-alih 90 seperti yang selama ini diketahui publik.

Potret ini pun mengundang pro dan kontra, banyak masyarakat yang menduga adanya kecurangan, yang sudah dibantah pihak terkait.

"Hasilnya telah memenuhi standar dan mutu spesifikasi BBM jenis RON 90 yang dipasarkan di dalam negeri," tegas Tutuka. "Dengan ini tidak terindikasi adanya batasan mutu off spec, semuanya on spec," ungkap Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Prof Ir Tutuka Ariadji, M.Sc. melalui kanal Youtube Halo Migas Ditjen Migas seperti dilansir dari Suara.com.

Viral warganet uji oktan Pertalite. (Instagram/undercover.id)

Terlepas dari kontroversi tersebut, terselip fakta unik terkait viralnya isu ini. Usut punya usut, harga alat uji oktan yang terlihat identik dengan gadget viral tersebut tak bisa dibilang murah, lho.

Berdasarkan hasil penelusuran dari beberapa toko daring di Tanah Air, alat yang diduga bermerek OKTIS ini dibanderol dengan harga rata-rata di atas 3 jutaan.

Viral warganet uji oktan Pertalite, harga alatnya bikin tercengang. (Tokopedia)

Harga ini tak beda jauh dengan harga HP, sebut saja Redmi Note 11 Pro yang dipasaran bisa ditemui dalam kisaran harga Rp 3,5 jutaan.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk memiliki alat serupa?

BACA SELANJUTNYA

Netizen Tuding Dirinya Terkena Star Syndrome, Begini Respons Inara Rusli