Senin, 29 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 14 Oktober 2022 | 18:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Joko Kendil yang mengaku berjalan cepat dengan menaiki macan putih sukses menjadi perbincangan dalam beberapa hari terakhir. Netizen kini membandingkan ramalan Joko Kendil dan Prabowo mengenai keadaan Indonesia pada tahun 2030.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @biorka04 membagikan momen saat Prabowo memberikan pernyataan soal Indonesia pada tahun 2030.

Akun tersebut lantas membandingkan ramalan dari Joko Kendil yang membuat heboh. "Ramalan Joko Kendi dan Prabowo di tahun 2030. Ingat ramalan Pak Prabowo yang satu ini?" tulis @biorka04.

Postingan video yang dibagikan berhasil viral setelah ditonton lebih dari 7 juta kali dan memperoleh 450 ribu tanda suka.

Akun @biorka04 membagikan cuplikan video Prabowo yang berpidato pada Maret 2019. Prabowo pernah menyebut Indonesia bubar di 2030 pada salah satu kampanye menjelang Pilpres 2019.

Netizen bandingkan ramalan Joko Kendil dan Prabowo soal Indonesia di tahun 2030. (TikTok/ @biorka04)

"Saudara-saudara, kita masih upacara, kita masih menyanyikan lagu kebangsaan, kita masih memakai lambang-lambang negara. Tetapi di negara lain, mereka sudah bikin kajian di mana Republik Indonesia sudah dinyatakan tidak ada lagi di tahun 2030," kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu rupanya mengatakan ramalan yang bersumber dari novel fiksi berjudul Ghost Fleet: a Novel of The Next World War. Novel tersebut ditulis oleh dua ahli strategi serta pengamat politik dari Amerika bernama Peter Warren Singer dan August Cole.

Pernyataan Prabowo itu lantas dibandingkan dengan pernyataan dari Joko Kendil. Pada channel YouTube Sinau Hurip, Joko Kendil pernah meramal mengenai keadaan di tahun 2030.

Musafir itu berharap tidak ada kejadian besar di tahun tersebut. "Donya ora sue, bakal dikukut marang Gusti Allah. Mugo-mugo ora ono kedadeyan 2030 mangkeh (Dunia tidak lama, akan diambil oleh Allah. Semoga tidak ada kejadian di tahun 2030 nanti)," ucap Joko Kendil.

Netizen bandingkan ramalan Joko Kendil dan Prabowo soal Indonesia di tahun 2030. (TikTok/ @biorka04)

Ketika ditanya kejadian apa oleh YouTuber Sinau Hurip, Joko Kendil mengungkap bahwa kejadian 2030 seperti kejadian besar 2019. "Kejadian apa?" tanya Adi.

"Gampangane koyo 2019. Akeh sek do mati. Mugo-mugo ojo ngangsi lah (Gampangnya seperti 2019. Banyak orang meninggal. Semoga saja tidak terjadi)," jawab Joko Kendil.

Berdasarkan klaim Joko Kendil, ia meramal bahwa terdapat musibah pada 2030. Namun, ia berharap bahwa musibah besar tak terjadi.

Musibah yang dimaksud oleh Joko Kendil seperti pandemi Corona yang dimulai pada 2019 lalu. Video viral mengenai perbandingan dua ramalan tersebut mendapat beragam komentar dari netizen.

Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @ekanovitasari704)

"Astaga, jadi overthingking," @lu**ng**ih.

"Pasrah aja, yang penting harus berubah lebih baik dari sebelumnya," balas @s**mm*t.

"Jangan percaya. Inshaa Allah Indonesia jadi negara kuat di tahun 2030," pendapat @ph**o*s.

"Eh tapi ramalan di kartun Simpson Indonesia juga gak ada di peta loh (emoticon terkejut)," ungkap @le**siu.

"Percaya sama Tuhan. Ramalan Joko Kendil elu percaya, ngakak," tulis @pe**a**fa. Postingan video viral perbandingan ramalan Prabowo dan Joko Kendil mengenai keadaan di tahun 2030 bisa dilihat melalui LINK INI.

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli