Rabu, 08 Februari 2023
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 28 Oktober 2022 | 16:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Yogyakarta kini menjadi salah satu tempat yang memiliki banyak perusahaan rintisan dan perusahaan berbasis teknologi. Hacklab merilis laporan Jogja Tech Salary Guide 2022 melalui sebuah acara khusus yang berlangsung di Sleman Creative Space, Jumat (28/10/2022).

Laporan ini ditujukan untuk memberikan gambaran umum terkait gaji dan benefit yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya.

Perlu diketahui, Hacklab.Rocks adalah platform yang fokus pada pengembangan talenta di bidang teknologi digital.

Saga Iqranegara selaku Chief Operating Office Hacklab sekaligus Project Manager Jogja Tech Salary Guide 2022 mengungkap bahwa Yogyakarta menjadi salah satu hub industri berbasis teknologi digital di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan, terdapat banyak perusahaan teknologi dan ribuan talenta dari berbagai bidang yang berkarir di industri digital pada kota ini.

Saga Iqranegara selaku Chief Operating Office Hacklab sekaligus Project Manager Jogja Tech Salary Guide 2022. (Hacklab)

Kajian Jogja Tech Salary Guide 2022 merupakan hasil kerja sama Hacklab Rocks dengan Asosiasi Digital Kreatif (ADITIF).

Project ini melibatkan total 17 perusahaan dan lebih dari seribu talenta digital yang menjadi responden. Saga Iqranegara mengungkap bahwa talenta digital di Yogyakarta kebanyakan berpendidikan D4 atau S1.

"Kebanyakan responden kita itu D4 atau S1. Jumlah mereka sekitar 79,8 persen. Usia talenta IT ini berada di rentang 25 hingga 34 tahun. Daftar posisi bermacam-macam dari backend dev, frontend dev, UI designer, business analyst, social media specialist, marcomm, graphic designer dan lain-lain," kata Saga Iqranegara.

Perusahaan yang ingin mengetahui besaran rentang gaji untuk talenta digital mereka dapat mendaftar melalui situs resmi Hacklab.Rocks.

Peluncuran Jogja Tech Salary Guide 2022. (Hacklab)

Pada slide presentasi, terungkap bahwa salah satu gaji terendah ada di angka Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta untuk posisi SEO Specialist (Junior).

Gaji tertinggi talenta digital Yogyakarta ada di atas angka Rp 16 juta. Besaran gaji itu didapat oleh Business Development (Lead/Manager/VP).

System Analyst (Senior) juga mendapat gaji cukup tinggi di Yogyakarta yaitu sekitar Rp 9,3 juta hingga Rp 12,5 juta.

Jogja telah memiliki hampir semua komponen yang dibutuhkan untuk mendukung terbentuknya ‘Silicon Valley’, yaitu perguruan tinggi, pelaku industri, komunitas, regulasi pemerintah yang mendukung, dan sumber daya manusia dengan potensi luar biasa.

Peluncuran Jogja Tech Salary Guide 2022. (Hacklab)

Kurun waktu 5 tahun terakhir, baik sebelum dan setelah pandemi COVID-19, ekosistem industri digital di Jogja mengalami perkembangan yang sangat dinamis.

Sebelum pandemi, dapat dikatakan Jogja menjadi rumah yang nyaman bagi pelaku industri digital, mulai dari level startup hingga unicorn.

Setelah pandemi berangsur pulih, situasinya menjadi berbeda manakala perusahaan maupun lembaga pemerintahan ikut meramaikan dengan program transformasi digitalnya.

Jogja Tech Salary Guide 2022 diharapkan dapat memberikan data dan insight yang dibutuhkan perusahaan teknologi digital dalam mengambil keputusan strategis di masa depan.

BACA SELANJUTNYA

Apple Siapkan Fitur Pembelian Paylater, Ngutang iPhone Bakal Makin Mudah