Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 28 Oktober 2022 | 17:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bekerja di perusahaan rintisan berbasis teknologi kerap menjadi incaran generasi muda saat ini. Berikut terdapat rincian gaji karyawan perusahaan berdasarkan kajian Jogja Tech Salary Guide 2022 dari Hacklab.

Perlu diketahui, Hacklab.Rocks adalah platform yang fokus pada pengembangan talenta di bidang teknologi digital.

Jogja Tech Salary Guide ditujukan untuk memberikan gambaran umum terkait gaji dan benefit yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya.

Penelitian ini merupakan hasil kerja sama Hacklab Rocks dengan Asosiasi Digital Kreatif (ADITIF). Project melibatkan total 17 perusahaan dan lebih dari seribu talenta digital yang menjadi responden.

Saga Iqranegara mengungkap bahwa talenta digital di Yogyakarta kebanyakan berpendidikan D4 atau S1. Pada slide presentasi, terungkap bahwa salah satu gaji terendah ada di angka Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta untuk posisi SEO Specialist (Junior).

Besaran gaji karyawan perusahaan teknologi di Yogyakarta. (Istimewa)

Gaji tertinggi talenta digital Yogyakarta ada di atas angka Rp 16 juta. Besaran gaji itu didapat oleh Business Development (Lead/Manager/VP).

System Analyst (Senior) juga mendapat gaji cukup tinggi di Yogyakarta yaitu sekitar Rp 9,3 juta hingga Rp 12,5 juta.

Posisi Backend (Junior) memiliki rentang Rp 3 juta hingga Rp 3,9 juta. Sementara Backend (Senior) mempunyai rentang Rp 5,9 juta hingga Rp 9,2 juta.

Besaran gaji karyawan perusahaan teknologi di Yogyakarta. (Istimewa)

Graphic Designer pada perusahaan teknologi Kota Jogja mempunyai gaji rata-rata terendah Rp 3 juta. Sementara gaji tertinggi untuk Graphic Designer (Senior) sebesar Rp 7,1 juta.

Rezki Wulan Ramadhanty S.E, M.Sc., AWP selaku ketua tim peneliti proyek Jogja Tech Salary Guide 2022 mengungkap bahwa gaji tertinggi karyawan perusahaan teknologi di Yogyakarta bisa mencapai lebih dari Rp 16 juta untuk beberapa posisi tertentu.

"Tergantung posisi dan pengalaman. Total lebih dari 150 posisi dan masing-masing punya standard range. Ada beberapa posisi yang memang bahkan bisa lebih dari Rp 16 juta dengan posisi dan pengalaman tertentu. Misal posisi senior dengan pengalaman misal 5-10 tahun," kata Rezki Wulan Ramadhanty.

Besaran gaji karyawan perusahaan teknologi di Yogyakarta. (Istimewa)

Kota Gudeg memiliki hampir semua komponen yang dibutuhkan untuk mendukung terbentuknya ‘Silicon Valley’, yaitu perguruan tinggi, pelaku industri, komunitas, regulasi pemerintah yang mendukung, dan sumber daya manusia dengan potensi luar biasa.

Jogja Tech Salary Guide 2022 diharapkan dapat memberikan data dan insight yang dibutuhkan perusahaan teknologi digital dalam mengambil keputusan strategis di masa depan.

BACA SELANJUTNYA

Apa yang Bisa Dilakukan AI pada Samsung Galaxy S24 Series