Jum'at, 26 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 01 November 2022 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Layanan Instagram dilaporkan mengalami masalah sehingga ratusan ribu netizen mengeluh di Twitter. Melalui pernyataan resminya, perusahaan mengakui terdapat bug di mana mereka kini sudah mengatasi masalah tersebut.

Selama "pemadaman akun", Instagram mengunci dan memberitahu banyak orang bahwa mereka "menangguhkan akun pada 31 Oktober 2022".

Sebagian masalah dikeluhkan oleh pengguna iPhone. Mereka mengungkap bahwa aplikasi Instagram tak bisa dijalankan sebelum melakukan update pada hari ini (01/11/2022).

Dilihat dari platform Down Detector, ribuan orang mulai mengeluhkan layanan Instagram pada Senin (31/12/2022) pukul 21.11 WIB. Sebagian masalah yang dilaporkan terkait Login (48 persen), App (47 persen) dan Website (4 persen).

Puluhan ribu netizen mengeluhkan bahwa akunnya tiba-tiba ditangguhkan atau ter-suspend untuk alasan yang kurang jelas.

Keluhan pengguna Instagram pada 31 Oktober 2022. (Twitter/ mhmdariif_14)

"Akun Anda tidak mengikuti Pedoman Komunitas kami. Jika kami tidak dapat mengonfirmasi akun Anda, akun tersebut akan dinonaktifkan secara permanen," bunyi pernyataan Instagram pada sejumlah besar akun.

Sontak saja kepanikan langsung terjadi mengingat banyak netizen yang mengaku kehilangan akun Instagram-nya. Akun resmi Instagram meminta maaf mengingat ratusan ribu penggguna mengeluhkan masalah yang sama di Twitter.

"Kami menyadari bahwa beberapa dari Anda mengalami masalah saat mengakses akun Instagram. Kami sedang menyelidiki dan memohon maaf atas ketidaknyamanannya," ungkap akun resmi PR Instagram di Twitter.

Pada Selasa (01/11/2022) pagi, Instagram mengakui bahwa terdapat bug yang menyebabkan pengguna tak bisa mengakses akun serta beberapa di antara mereka kehilangan follower.

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/purzlbaum)

"Kami telah mengatasi bug ini sekarang. Ini menyebabkan orang-orang di berbagai belahan dunia mengalami masalah dalam mengakses akun dan menyebabkan perubahan sementara pada jumlah pengikut. Kami meminta maaf," bunyi pernyataan resmi Instagram.

Head of Instagram, Adam Mosseri juga meminta maaf atas banyaknya akun yang ditangguhkan. Dikutip dari The Verge, pesepak bola terkenal Cristiano Ronaldo dikabarkan juga kehilangan jutaan follower.

Akun Instagram Cristiano Ronaldo sempat kehilangan 3 juta follower pada kemarin namun jumlah pengikutnya kembali lagi menjadi 493 juta pada hari ini. Pengikut akun utama Instagram sendiri turun lebih dari satu juta.

BACA SELANJUTNYA

Viral Jamaah Wanita Ribut Saat Salat Idul Adha hingga Jambak-jambakan, Diduga Gegara Hal ini