Jum'at, 26 April 2024
Amelia Prisilia : Rabu, 02 November 2022 | 15:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul yang memperlihatkan sejumlah bule asal Eropa saat sedang antri air bersih di Jakarta menjadi perbincangan netizen baru-baru ini. Dari foto tersebut, netizen mengaku penasaran dengan sejumlah hal.

Unggahan foto jadul bule Eropa saat sedang antri air bersih ini diambil di Jakarta pada tahun 1932 lalu. Foto tersebut diunggah oleh akun @perfectlifeid dan menjadi viral di Instagram pada Sabtu (31/10/2020).

"Warga Eropa di Batavia antri untuk mendapatkan air bersih di tahun 1932" tulis caption unggahan.

Melihat tahunnya yang diambil sebelum Indonesia merdeka yaitu 1945, diduga kuat bule-bule asal Eropa ini berada di Jakarta pada masa penjajahan.

Nampak dalam foto jadul tersebut, sejumlah ibu-ibu asal Eropa dan anak-anaknya sedang bergantian antri untuk bisa mendapatkan air bersih yang mengalir dari pipa.

Foto jadul bule Eropa sedang antri air bersih tahun 1932. (instagram/perfectlifeid)

Mencuri perhatian, unggahan foto jadul bule Eropa saat sedang antri air bersih tahun 1932 di Jakarta ini kemudian mendapat berbagai komentar. Netizen mengaku penasaran dengan toilet yang pada masa itu masih belum banyak dibangun.

"Cuma yang aku heran, mereka kalau mau buang air besar dan kecil di mana ya? Toilet kan belum ditemukan" balas netizen.

Netizen lainnya mengaku senang karena akhirnya mengetahui asal mula kata 'ledeng' yang selama ini digunakan oleh orang Indonesia. Rupanya kata tersebut diambil dari bahasa Belanda yaitu 'Waterleiding'.

"Oh makanya nenek saya kalau bilang air PAM itu air ledeng, karena dari bahasa Belanda rupanya" komentar akun lainnya.

Viral di Instagram, foto jadul momen bule Eropa antri air bersih di Jakarta tahun 1932 ini lalu telah mendapat lebih dari 1.000 likes dan ratusan balasan dari netizen.

BACA SELANJUTNYA

Foto Bocah di Surakarta Tahun 1985, Netizen Sebut Orang Kaya Karena Punya Mobil Sedan dan Rumah Megah