Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 06 November 2022 | 14:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para gadis keturunan Eropa atau Indo-Eropa banyak yang tinggal di Indonesia sebelum tahun 1945. Sebuah foto mengenai gadis Eropa di Bandung pada tahun 1920-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan dua foto yang memperlihatkan gadis Eropa di depan sebuah rumah.

Postingan sebelah kiri menampilkan foto asli yang masih hitam putih. Unggahan di sebelah kanan memperlihatkan versi berwarna dari foto tersebut.

"Potret seorang gadis Eropa bernama 'Truus Charls' di depan rumahnya di Bandung pada tahun 1920," bunyi keterangan pada foto.

Postingan foto jadul ini menarik perhatian setelah memperoleh dua ribu tanda suka dan dibagikan lebih dari 160 kali oleh netizen.

Foto gadis Eropa tahun 1920-an di Bandung. (Leiden University via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia sebenarnya membagikan ulang sebuah arsip online yang tersimpan di Leiden University Libraries (koleksi KITLV Leiden).

Ratusan foto di perpustakaan online Leiden University Libraries menampilkan potret gadis Eropa atau Indo-Eropa di Indonesia antara tahun 1900 hingga 1950-an.

Melalui situs perpustakaan online Leiden University, sebagian besar foto di tahun 1900-an memperlihatkan orang-orang keturunan Eropa, Indo-Eropa, petinggi KNIL, dan bangsawan Belanda.

Saat difoto, wanita Indo-Eropa di tahun 1900-an nampak mengenakan gaun mewah dan beberapa perhiasan di bagian kepala. Sementara gadis Indo-Eropa yang lebih muda cenderung memakai gaun berwarna putih dengan desain cukup mirip satu sama lain.

Foto gadis Eropa tahun 1920-an di Bandung. (Leiden University via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Gadis Eropa di Bandung ini terlihat sangat modis pada zamannya. Ia mengenakan gaun putih dengan ikat pinggang kain warna hitam. Puluhan netizen memuji bahwa gadis Eropa itu memiliki paras cantik dan cukup modis.

Meski begitu, terdapat pula yang menilai bahwa terdapat aura menyeramkan pada foto hitam putih ini. Unggahan foto jadul mengenai gadis Eropa pada tahun 1920-an mendapat beragam komentar dari netizen.

"Zaman dulu bajunya sudah modis, beda dengan rakyat Indonesia," kata Sh**ui**a Il**.

Foto gadis Indo-Eropa di tahun 1900-an. (Leiden University Library via Grup FOTO NOESANTARA DOELOE)

"Cantik sih, tapi kok serem ya," pendapat At**s.

"Bener, dia sangat cantik. Cuma aku langsung ingat sama hantu noni-noni Belanda (emoticon takut)," balas Ar**fir**us.

"Mirip Princess Anne dari Inggris waktu masih muda," komentar Ag**ha L**ia.

"Kursi rotan yang khas, ada sepeda juga. Pasti dari keturunan bangsawan. Pribumi yang punya sepeda cuma golongan ningrat pada saat itu," tulis U** Na**.

Itulah tadi foto jadul gadis Eropa di Bandung pada tahun 1920-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz