Rabu, 01 Februari 2023
Cesar Uji Tawakal : Senin, 07 November 2022 | 10:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Meta merencanakan PHK besar-besaran yang dapat mempengaruhi "ribuan" pekerja tak lama lagi.

Dilansir dari The Verge berdasarkan dari laporan Wall Street Journal, perusahaan induk dari media sosial Facebook dan Instagram ini melaporkan lebih dari 87.000 karyawan pada akhir September, tetapi PHK besar-besaran ini diperkirakan akan memangkas sebagian besar anggota staf.

Laporan dari WSJ menyebutkan bahwa PHK dapat menjadi pukulan keras untuk Meta, dengan imbas lebih parah dari pemangkasan pekerja massal di Twitter, yang mempengaruhi sekitar setengah dari 7.500 karyawan perusahaan.

Pada bulan Juni, chief product officer Meta Chris Cox memperingatkan karyawan tentang "masa-masa serius," mencatat bahwa karyawan harus "mengeksekusi dengan sempurna dalam lingkungan pertumbuhan yang lebih lambat."

CEO Meta Mark Zuckerberg mulai memanaskan karyawan sekitar waktu yang sama, mengatakan dalam sesi tanya jawab internal yang diperoleh The Verge bahwa "mungkin ada sekelompok orang di perusahaan yang seharusnya tidak ada di sini."

Zuckerberg kemudian menerapkan pembekuan perekrutan pada bulan September dan memperingatkan bahwa perusahaan dapat melakukan perampingan dalam waktu dekat.

Mark Zuckerberg. (ist)

"Tahun depan, kami bakal fokuskan investasi pada sejumlah kecil area dengan prioritas tinggi yang tetap alami pertumbuhan," kata Zuckerberg. 

"Yang mana berarti bahwa beberapa tim akan tumbuh signifikan, namun sebagian besar tim lain akan tetap datar atau bahkan menyusut selama setahun selanjutnya. Secara agregat, kami berharap untuk mengakhiri tahun 2023 dengan ukuran tim yang kira-kira sama, atau bahkan lebih kecil."

Meskipun Zuckerberg mengatakan Facebook memiliki lebih banyak user aktif daripada sebelumnya, investor tetap khawatir dengan taruhan mahal perusahaan tersebut terkait pengembangan metaverse. 

Lengan realitas virtual Meta kehilangan $3.7 miliar kuartal terakhir ini dan total $9.4 miliar tahun ini, sementara saham perusahaan diperdagangkan dengan harga terendah sejak 2016.

BACA SELANJUTNYA

Siap Kasih Pesangon Hingga Saham, Google PHK 12.000 Karyawan