Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Sabtu, 12 November 2022 | 17:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Senator Florida Marco Rubio dan Perwakilan Wisconsin Mike Gallagher menyerukan agar media sosial TikTok diblokir di Amrika Serikat.

Dilansir dari Washington Post melalui Sputnik News, Rubio dan Gallagher mengumumkan niat untuk memperkenalkan undang-undang yang melarang TikTok dan perusahaan media sosial lainnya di bawah kendali Partai Komunis China.

"TikTok menawarkan PKC kemampuan unik untuk memantau lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia, termasuk hampir dua pertiga remaja Amerika. Kita harus melarang spyware potensial ini sebelum terlambat, bukan mendorong penggunaannya di Amerika Serikat," kata mereka.

Partai Republik berpendapat bahwa meningkatnya ketegangan dengan China atas Taiwan menempatkan orang Amerika pada risiko potensi pengawasan oleh China.

Ilustrasi TikTok. (Pixabay)

TikTok dimiliki oleh perusahaan China ByteDance, yang bukan milik negara, tetapi Rubio dan Gallagher menunjukkan bahwa undang-undang Intelijen Nasional China mewajibkan semua warga negara dan bisnis untuk membantu dalam berbagi data sebagai bagian dari pekerjaan intelijen.

Hal ini membuat orang Amerika sensitif terhadap pengawasan melalui pelacakan penekanan tombol, pelacakan lokasi, dan pengumpulan riwayat penelusuran, menurut para pejabat.

"Beijing juga dapat mengumpulkan informasi keamanan nasional yang sensitif dari pegawai pemerintah AS dan mengembangkan profil pada jutaan orang Amerika untuk digunakan untuk pemerasan atau spionase," tulis mereka.

Ini bukan pertama kalinya klaim semacam itu dibuat terhadap platform media sosial; bahkan, mantan Presiden AS Donald Trump menyuarakan keprihatinan serupa bahwa TikTok menimbulkan ancaman keamanan nasional.

Saat itu, Trump sampai memaksakan tenggat waktu agar aplikasi milik China itu dijual ke perusahaan Amerika.

TikTok telah melampaui 3,5 miliar total unduhan, dan secara konsisten menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia.

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Inara Rusli Kelihatan Aurat saat Pakai Baju, Netizen Pertanyakan Ini