Kamis, 25 April 2024
Amelia Prisilia : Rabu, 16 November 2022 | 07:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Saat masuk ke laman Google hari ini, Rabu (16/11/2022), kamu akan menemukan Google Doodle sejumlah anak-anak yang sedang memainkan alat musik angklung. Setelah ditelusuri, rupanya hal tersebut untuk memperingati Hari Angklung Sedunia yang dirayakan hari ini.

Dari tahun ke tahun, Hari Angklung Sedunia diperingati setiap tanggal 16 November. Tiap tahunnya, Google selalu menghadirkan doodle beragam untuk memperingati hari ini.

Seperti di tahun 2022 ini, pengguna dapat melihat doodle animasi di laman Google saat enam orang anak sedang berdiri bersama dan memainkan alat musik angklung.

Google menyebut bahwa Google Doodle di laman utamanya ini untuk merayakan Hari Angklung Sedunia. Hal ini mengingat bahwa angklung adalah salah satu alat musik bambu asal Indonesia yang telah resmi ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

Pada umumnya, angklung dibentuk dari dua tabung dan alas. Dua tabung ini memiliki ukuran yang berbeda untuk mengeluarkan bunyi yang juga berbeda satu dengan yang lain.

Google Doodle 16 November 2022: Hari Angklung Sedunia. (Google)

Untuk memainkan alat musik angklung, pemain akan menggoyangkan dan mengetuk dasar bambu tersebut. Alat musik ini perlu dimainkan secara bersamaan dan secara berkelompok untuk menghasilkan nada yang berbeda.

Melihat asal mulanya, angklung berasal dari Sunda, Jawa Barat. Alat musik ini sudah berada di daerah tersebut sejak masa Kerajaan Sunda yaitu pada abad ke-12 hingga abad ke-16.

Untuk melihat Google Doodle yang merayakan Hari Angklung Sedunia, kamu bisa langsung meluncur ke laman utama Google.

BACA SELANJUTNYA

Google Resmi Ganti Bard Menjadi Gemini, Ini Tujuannya