Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 17 November 2022 | 21:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara membuat CV lamaran kerja online sebenarnya sangat mudah. CV adalah ringkasan tertulis singkat tentang keterampilan, pencapaian, dan pengalaman kamu yang berhubungan dengan peran yang kamu inginkan. CV digunakan pada tahap pertama melamar pekerjaan. Perusahaan sering kali meminta CV sebagai pengganti formulir lamaran.

Ini adalah kesempatan pertama kamu untuk mempromosikan diri kamu kepada pemberi kerja. CV yang baik akan membawa kamu ke wawancara. Gunakan CV untuk memperkenalkan diri kamu kepada perusahaan tempat kamu ingin bekerja. Sekarang kamu bisa membuat CV lamaran kerja online.

Salah satunya dengan aplikasi Canva. Kamu bisa membuat CV dengan cepat dan menarik. Berikut cara membuat CV lamaran kerja online yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Aplikasi Pembuat Logo - Canva: Design, Photo & Video. (Google Play Store)

Format CV yang Wajib Diisi

1. Data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email.
2. Riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar.
3. Pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang.
4. Keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Poin-poin penting di atas dicantumkan secara urut. Sertakan deskripsi atau penjelasan yang diperlukan pada setiap poin, sehingga perjalanan hidup kamu tergambar lengkap dan jelas. Jika ada, tuliskan pula pencapaian seperti kejuaraan kompetisi atau tambahan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan sebagai bagian dari isi CV.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Online

• Klik menu Templates di bagian bawah.
• Klik "Resume" pada kolom pencarian di bagian atas.
• Pilih template yang dirasa menarik. Jika ingin membuat dengan desain sendiri, pilih Blank.
• Cara membuat CV lamaran kerja online selanjutnya kamu hanya perlu mengubah format di template dengan data diri kamu.
• Setelah itu Save.
• Cara membuat CV lamaran kerja online selesai.

Sebagai informasi, ada cukup banyak pilihan template yang bisa kamu pakai. Biasanya para pengguna memilih kategori "Corporate Resume" atau "Creative Resume". Itu tadi cara membuat CV lamaran kerja online, selain melalui website, kamu juga bisa mendesain CV kamu di smartphone dengan mengunduh Canva melalui App Store atau Play Store. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri, Beda dengan Lainnya